0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Hati-hati, Gadget Bisa Berdampak Buruk Pada Anak SD

dok.merdeka.com

Desy Ratnasari

Timlo.net – Anggota DPR RI, Desy Ratnasari mengimbau, orangtua agar tidak memberikan gadget kepada anak-anaknya yang masih duduk di bangku SD.

“Kemajuan teknologi, seperti semakin berkembangnya kecanggihan gadget juga mempunyai dampak negatif khususnya terhadap pola pikir anak yang masih berkembang, maka dari itu saya cenderung tidak memberikan gadget kepada anak yang masih usia SD,” katanya, Selasa (28/7).

Menurutnya, gadget memang akan mempermudah si anak berkomunikasi dengan orang lain. Tapi dampak negatif dari gadget tersebut adalah mudahnya si anak membuak situs-situs berbahaya bagi perkembangan pola pikirnya seperti situs porno, kekerasan hingga terorisme yang bisa mengubah kepribadian si anak.

Selain itu, usia SD si anak juga masih belum secara utuh bisa memilah dan memilih mana yang baik dan benar. Sehingga khawatir dengan semakin mudahnya mereka membuka akses yang diinginkan, maka hidupnya menjadi individualis bahkan bisa saja cenderung melawan kepada orang tuanya.

“Kasih sayang orangtua bukan berarti harus memberikan semua yang diinginkan untuk si anak, tetapi alangkah baiknya orang tua juga memberikan sesuatu barang agar si anak lebih kreatif dan senang bekerjasama dengan orang lain bukan menjadi orang yang individualis,” tambahnya.

Desy mengatakan walaupun dirinya tidak melakukan penelitian terhadap jumlah dan sifat anak, tetapi dari pantauannya setiap kali turun ke daerah pemilihannya maupun kunjungan ke daerah-daerah, ternyata anak SD lebih senang menggunakan gadget dibandingkan permainan tradisional yang membutuhkan kerjasama kelompok.

[hhw]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge