0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

DP4 Pilkada Wonogiri Alami Penyusutan, Mengapa?

Pilkada serentak (dok.timlo.net/gg)

Wonogiri — Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4) Wonogiri dalam Pilkada serentak tahun ini sejumlah 788.186 jiwa. Tahun ini, DP4  mengalami penyusutan dibandingkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pilpres 2014.

“Saat Pilpres, DPT mencapai 906.345,” ungkap Komisioner KPU Wonogiri Divisi Pemutakhiran Data dan Daftar Pemilih, Pengembangan Organisasi SDM, Umum Rumah Tangga, Agus Wibowo, Senin (27/7).

Dikatakan, ada tiga penyebab terjadinya penyusutan itu. Pertama, ada warga Wonogiri yang merantau dan sudah ber-KTP di daerah perantauan. Sehingga ketika Pilpres masih tercatat di DPT, tapi saat pilkada ini tergeser dari DP4 karena sistem menganut pembacaan KTP secara elektronik.

“Penyebab kedua adalah ada warga luar Wonogiri namun tinggal di Wonogiri. Pola yang berlaku saat Pilpres maupun Pilkada bagi orang tersebut sama seperti faktor pertama. Yang terakhir, ada warga Wonogiri yang masih ber-KTP lama alias belum memiliki KTP elektronik,” katanya.

Ditambahkan, untuk penyebab pertama dan kedua, tidak bisa diusahakan masuki ke DPS. Pihaknya hanya fokus kepada penyebab ketiga. Melalui proses pemutakhiran data pemilih nantinya, warga yang belum memiliki KTP elektronik namum berhak memilih bakal dimasukkan dalam DPS.

“Pemutakhiran data pemilih dilakukan dari tanggal 15 Juli sampai 16 Agustus,” tandasnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge