0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Sub Das Keduang Sumbang Sedimentasi WGM

dok.timlo.net/tarmuji
Sosialisasi Teknis Penyusunan Peraturan Desa Tentang Perlindungan Pengelolaan Lingkungan Hidup dan Kehutanan (dok.timlo.net/tarmuji)
Wonogiri — Sebanyak 10 desa di Wonogiri mendapatkan sosialisasi tentang Teknis Penyusunan Peraturan Desa Tentang Perlindungan Pengelolaan Lingkungan Hidup dan Kehutanan yang diselenggarakan Kantor Lingkungan Hidup bekerjasama dengan Pusat Pengendalian Pembangunan Ekoregion Jawa (PPEJ) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia, di Ruang Kahyangan Setda Wonogiri.
“Peraturan Desa harus mempunyai wibawa sehingga dipatuhi oleh masyarakatnya sendiri.” ungkap Sekretaris Daerah (Sekda) Wonogiri, Suharno, Senin (27/7).

Dikatakan, 10 desa tersebut berasal dari empat kecamatan di Wonogiri. Yakni, Kecamatan Ngadirojo (Desa Pondok), Kecamatan Nguntoronadi (Desa Ngadipiro), Kecamatan Sidoharjo (Desa Tempursari, Desa Kebonagung, Desa Sembukan, Desa Sempukerep), dan Kecamatan Jatiroto (Desa Pingkuk, Desa Sanggrong, Desa Jatirejo dan Desa Ngelo)

“Pemilihan 10 lokasi sosialisasi dilakukan dengan pertimbangan bahwa desa-desa tersebut  menjadi aliran Sub Das Keduang yang telah  mengalami kerusakan lingkungan yang cukup berat dan memberikan pasokan sedimentasi ke Waduk Gajah Mungkur (WGM) 3/4 persen per tahun,” jelasnya.

Suharno menambahkan, kegiatan ini merupakan tindak lanjut kunjungan kerja Presiden Jokowi dan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan ke Desa Sempukerep, Kecamatan Sidoharjo dan ke Waduk Gajah Mungkur beberapa waktu yang lalu.

Acara yang juga dihadiri Anggota DPRD, Kepala Jasa Tirta, Kepala SKPD Kabupaten Wonogiri dan para kepala desa ini menghadirkan tiga naras umber, Drs Sugeng Priyanto MSi (Kepala Pusat Pengendalian Pembangunan Ekoregion Jawa), Agus Dody Sugiartoto (Ketua Lembaga Masyarakat Indonesia Hijau) dan Drs Sri Wahyu Widayatto MM (Kepala KLH Kabupaten Wonogiri).

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge