0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Mudahkan Akses Kesehatan, Pemkot Luncurkan SPGDT

Kepala DKK Solo, Siti Wahyuningsih (dok.timlo.net/dhefi nugroho)

Solo – Pemerintah Kota Solo meluncurkan program pelayanan kesehatan baru. Pelayanan kesehatan diberi nama Sistem Penanggulangan Gawat Darurat Terpadu (SPGDT). Layanan ini dirancang dalam bentuk sistem informasi yang ditayangkan 24 jam untuk memberikan informasi layanan kesehatan dan penanganan gawat darurat.

“Pelayanan ini diadakan untuk lebih memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk mengakses fasilitas kesehatan yang ada. Baik itu Puskesmas, maupun rumah sakit negeri maupun swasta,” ungkap kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Solo, Siti Wahyuningsih, Senin (27/7).

SPGDT dirancang terkoneksi dengan semua rumah sakit, puskesmas rawat inap, dan PMI. Koneksi tersebut dihubungkan dengan aplikasi yang terhubung dengan call center dengan unit pelayanan terkait. Nantinya SPGDT ini akan menayangkan informasi rumah sakit yang siap melayani darurat, advis untuk pertolongan pertama, informasi ambulan, hingga petugas yang siap melayani gawat darurat.

“Layanan ini akan bisa memberi kemudahan bagi pasien, sehingga mereka tidak terombang-ambing saat mencari rumah sakit. Kita banyak mendapatkan keluhan banyak pasien kesulitan mendapatkan rumah sakit karena banyak rumah sakit yang penuh,” katanya.

Selain itu, Siti menambahkan SPGDT juga akan bisa memberikan waktu persiapan rumah sakit, bagi kesiapan petugas kesehatan untuk menyiapkan alat, ruangan, dan lainnya, sehingga penanganan korban bisa lebih cepat. Ketersediaan jumlah darah di PMI juga bisa terpantau dengan sistem ini.

“Jika semua terkoneksi, masyarakat akan bisa mengakses dengan mudah, cukup dengan menelepon 119 pasien dalam kondisi gawat darurat akan bisa mendapatkan semua informasi ini,” tandasnya.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge