0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Jus Bit Bantu Kita Olahraga Lebih Lama

Jus bit

Dok: Timlo.net/Google

Jus bit

Timlo.net—Sebuah penelitian baru menyatakan jika jus bit (beetroot) bisa menolong kita berolahraga lebih lama. Studi itu menyimpulkan jus itu meningkatkan performa orang saat berolahraga setelah rajin minum jus itu selama dua minggu.

Minuman itu mengurangi beban kerja jantung dan membuat organ itu bisa mengantarkan oksigen lebih baik ke otot-otot tubuh. Hal ini berarti orang bisa berolahraga lebih lama sebelum otot mereka lelah, kata peneliti.

Orang yang minum jus warna merah terang itu juga memiliki tekanan darah yang lebih rendah, sesuai dengan hasil penelitian lain yang sudah lebih dulu dipublikasikan. Jus bit sendiri sekarang ini menjadi tren di kalangan masyarakat yang peduli kesehatan.

Para peneliti berkata manfaat minuman itu dikarenakan jus itu mengandung molekul nitrat. Saat diolah di dalam tubuh, nitrat bisa melebarkan pembuluh darah dan meningkatkan aliran darah. Kedua kondisi ini merupakan faktor-faktor penting bagi kinerja kita saat berolahraga.

Nitrat juga memicu serangkaian reaksi kimia di dalam darah, yang bisa meningkatkan oksigen di bagian-bagian tubuh, terutama yang kurang memperolehnya.

Selain bit, nitrat dalam konsentrasi tinggi juga ditemukan dalam seledri, kubis dan sayuran hijau lainnya seperti daun selada, dan bayam.

Sebagai bagian dari penelitian, para pria yang minum jus bit selama 14 hari memiliki tekanan darah yang lebih rendah dan pembuluh darah yang lebih lebar saat mereka berolahraga dan saat mereka beristirahat.

Pembuluh darah juga melebar lebih mudah dan jantung mengkonsumsi lebih sedikit oksigen saat mereka berolahraga.

Menulis dalam jurnal American Journal of Physiology-Regulatory, Integrative and Comparative Physiology, para peneliti berkata: “Latihan bisa dilakukan pada beban tertentu selama periode waktu tertentu sebelum tubuh lelah.”

Sumber: Daily Mail.

Editor : Ranu Ario

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge