0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Program Penumbuhan Budi Pekerti Wajib Dijalankan Semua Sekolah

dok.merdeka.com

Anies Baswedan

Timlo.net – Program Penumbuhan Budi Pekerti (PBP) bagi anak sekolah merupakan gebrakan baru di dunia pendidikan. Program ini dimulai sejak Masa Orientasi Siswa (MOS) hingga lulus dari jenjang Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA).

“Implementasi gerakan penumbuhan budi pekerti adalah upaya untuk menjadikan sekolah sebagai taman untuk menumbuhkan karakter-karakter positif bagi para peserta didik,” kata Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Anies Baswedan, Senin (27/7).

Program ini akan difokuskan melalui 3 sektor yaitu intrakurikuler, ekstrakurikuler, dan nonkurikuler. Namun yang paling diintensifkan melalui jalur nonkurikuler karena Anies menilai nonkurikuler biasanya kurang dapat perhatian.

Lanjut Anies, pelaksanaan PBP untuk semua jenjang akan disesuaikan dengan tingkat usia perkembangan siswa. Tidak hanya itu, pelaksanaannya juga bersifat kontekstual atau disesuaikan dengan nilai-nilai muatan lokal daerah masing masing sekolah.

“Jenjang SMP, SMA metode pelaksanaan melalui kemandirian belajar, membiasakan keteraturan dan pengulangan. Sedangkan SD metodenya mengamati dan meniru perilaku positif guru dan kepala sekolah dalam membiasakan keteraturan dan pengulangan,” jelas Anies.

Alur penerapannya akan dilakukan ke dalam 6 tahapan, yaitu diajarkan, dibiasakan, dilatih konsisten, menjadi kebiasaan, menjadi karakter, lalu menjadi budaya.

[efd]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge