0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pengguna Elpiji 3 Kg, Awas Ada Tabung Yang Dicurangi

dok.merdeka.com

Tabung elpiji 3 kg

Timlo.net – Bagi pengguna elpiji 3 kg, informasi ini bisa jadi manfaat. Praktik yang diduga bentuk kecurangan penjualan tabung gas “melon” ini kembali terjadi. Kali ini, modus yang digunakan dengan menambahkan lempengan besi untuk menambah berat.

Kecurangan tersebut dituliskan oleh pemilik akun Facebook Olin Rombe Bunga. Dalam tulisan yang diunggah pada Senin (20/7), dia mendapati tabung gas 3 kg terdapat lempengan besi yang beratnya sekitar 3,5 ons.

“Sekedar informasi aja klo beli gas 3 kilogram jangan diambil tabung seperti yang saya tunjuk ini. Karena besi yang ditempel itu tujuannya untuk mengurangi berat gas. Kadang ada juga yang sampai 3 tempelan besi. 1 tempelan itu beratnya kurang lebih 3,5 ons,” tulis Olin.

Dalam foto yang diunggah Olin, lempengan besi tersebut berada di bagian dalam sebelah kiri dekat lubang gas. Lempengan sebesar kotak korek kayu itu dilas yang kemudian dicat warna hijau.

Sebelumnya, kecurangan penjualan gas 3 kg pernah diungkapkan mantan ketua Tim Reformasi dan Tata Kelola Migas Faisal Basri. Ia menjelaskan, setiap tabung gas 3 kg tidak diisi penuh alias masih menyisakan ruang 5-10 persen. Dari situ mereka mengambil untung yang dijual ke Stasiun Pengisian Bahan Elpiji (SPBE). Satu tabung gas sekitar Rp 300.

Faisal menaruh curiga setelah ada rekannya yang mencoba menimbang ulang tiap tabung gas di SPBE namun dilarang Pertamina.

[amn]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge