0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Korupsi, Mantan Kabag Tapem Divonis 4 Tahun

merdeka.com
Ilustrasi Korupsi. (merdeka.com)

Timlo.net — Kejaksaan Negeri (Kejari) Siak Sri Indrapura akhirnya mengeksekusi terpidana kasus korupsi pengadaan lahan untuk Balai Latihan Kerja (BLK) Kabupaten Siak Riau, Suntoro. Mantan Kepala Bagian Tata Pemerintahan Kabupaten Siak yang divonis empat tahun ini dijebloskan ke penjara untuk menjalani masa hukumannya.

“Suntoro sudah dieksekusi dan ditahan di Rumah Tahanan Siak,” ujar Kepala Seksi Pidana Khusus Kejari Siak Sri Indrapura, M Emri Kurniawan, Minggu (26/7).

Eksekusi tersebut dilakukan setelah Kejari menerima putusan lengkap dari Mahkamah Agung.

“Kitapun menyurati yang bersangkutan untuk datang ke Kejari Siak Sri Indrapura. Dia datang sendiri ke Kejari Siak Sri Indrapura dan akhirnya kita eksekusi,” jelas Emri.

Untuk diketahui, upaya kasasi yang diajukan Suntoro ditolak Mahkamah Agung. Bahkan, Suntoro mendapatkan tambahan hukuman 4 tahun, dimana sebelumnya dia hanya divonis 16 bulan di Pengadilan Tipikor dan Pengadilan Tinggi Pekanbaru.

Pria yang sebelumnya berstatus tahanan kota ini didakwa telah melakukan tindak pidana korupsi pengadaan lahan untuk pembangunan Gedung BLK Kabupaten Siak bersama Juarman, mantan Camat Mempura.

Perbuatan keduanya terjadi pada tahun 2006 lalu. Kejadian berawal pada kegiatan pengadaan lahan untuk BLK di Desa Paluh, Kecamatan Mempura, dimana Suntoro bersama Juarman meminta para pemilik tanah menandatangani kwitansi ganti rugi lahan seharga Rp 45.000 per meter.

Bersama Juarman, dirinya melaporkan kepada Setdakab Siak Adli Malik (alm), bahwa pembebasan lahan untuk pembangunan Gedung Workshop (BLK) telah tuntas.

Realisasinya, perjanjian ganti rugi yang ditetapkan pihak Pemkab Siak kepada pemilik tanah melebihi harga kwintasi yang dibuat keduanya, sehingga terjadi mark up harga oleh keduanya kepada pemilik lahan. Atas perbuatan keduanya, negara dirugikan sebesar Rp 302.700.000.

[gil]

Sumber : Merdeka.com

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge