0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Kebakaran Hutan Mulai Mengancam Wonogiri

timlo.net/tarmuji

Hutan milik rakyat di kecamatan Tirtomoyo terbakar, belum lama ini

Wonogiri — Kebakaran lahan hutan mulai terjadi di wilayah Wonogiri. Seperti di wilayah perbukitan sisi utara Kecamatan Baturetno atau di bukit Jenggruk Desa Setrorejo, dan sebagian wilayah perbukitan Tirisan Kecamatan Tirtomoyo. Api dengan cepat menghanguskan daun dan pohon kering di lahan hutan milik rakyat tersebut.

“Api mungkin dari orang yang lewat kemudian secara iseng membuang puntung rokok,” ujar warga sekitar, Narto, Minggu (26/7).

Menurutnya, api terpantau di sejumlah titik. Beruntung segera bisa diketahui dan langsung dilakukan upaya pemadaman. Sehingga api tidak menjadi membesar dan mengancam pemukiman warga sekitarnya. Warga berhasil memadamkan api denagn alat seadanya dan medan yang sulit.

“Karena cukup dekat dengan pemukiman, khawatirnya kalau sampai merembet,” jelasnya.

Dikatakan, warga sekitar tidak mengetahui dari mana api pertama kali muncul. Dia tidak berani menduga-duga, apakah memang disengaja dibakar warga atau hanya kecerobohan pengguna jalan yang membuang puntung rokok sembarangan. Kondisi yang tidak jauh berbeda juga berlangsung di Kecamatan Tirtomoyo.

Kepala Unit Pelaksana Teknis Damkar Dinas Pekerjaan Umum (UPT Damkar DPU) Kabupaten Wonogiri, Endang Istiningsih mengatakan, kebakaran lahan hutan menjadi salah satu prioritas dalam kewaspadaan bencana selama kemarau. Meskipun masih dalam skala kecil, kebakaran hutan hampir dapat dipastikan selalu terjadi setiap tahunnya.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge