0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pedagang WGM Gelar Andum Kupat

timlo.net/tarmuji

Warga bersiap-siap merebut gunungan ketupat

Wonogiri — Ribuan ketupat menjadi rebutan pengunjung dan para pedagang, tepatnya di lapangan pendaratan gantole di Obyek Wisata Sendang Asri Waduk Gajah Mungkur (OWSA-WGM) Wonogiri.

“Kegiatan itu digelar dan didanai sendiri oleh para pedagang. Kami (Disbudparpora) hanya memfasilitasi,” kata Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olah Raga (Disbudparpora) Wonogiri, Sentot Sujarwoko didampingi kepala UPT Pengelola Kawasan Wisata Waduk Gajahmungkur, Pardiyanto, Minggu(26/7).

Dikatakan, perayaan andum kupat ini menurutnya atas inisiatif para pedagang sendiri. Mereka, membuat gunungan yang berisi 2.000 buah ketupat untuk dijadikan rebutan di lapangan pendaratan gantole OWSA-WGM.

“Para pengunjung semakin antusias karena di dalam ketupat itu ada kupon doorprice. Mereka yang beruntung akan menemukan kupon di dalam ketupat. Hadiahnya antara lain dispenser, magiccom, seterika, dan peralatan elektronik lainnya,” terangnya.

Ditambahkan, kegiatan Andum Kupat ini sebagai bentuk syukur atas rejeki yang diberikan selama masa lebaran. Kupat sendiri merupakan jarwo dhosok (peribahasa-Red) dari kupat (ketupat) sama dengan lepat (salah-Red). Dengan demikian, Andum Kupat juga sebagai simbol untuk meminta maaf atas kesalahan.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge