0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Verifikasi Singkat Lolos, Berkas Rudy-Purnomo Masih Kurang

timlo.net/daryono

Rudy-Purnomo mendaftar

Solo – Pasangan bakal calon walikota dan bakal calon wakil walikota dari PDIP, FX Hadi Rudyatmo – Achmad Purnomo dianggap sudah memenuhi syarat pendaftaran. Hal itu berdasarkan hasil verifikasi singkat Komisi Pemilihan Umum (KPU) Solo terhadap berkas pendaftaran Rudy-Purnomo. Namun demikian, masih terdapat beberapa syarat personal yang masih harus dilengkapi.

“Untuk pencalonan memenuhi syarat. Beberapa kekurangan persyaratan calon akan kami beritahukan lebih lanjut. Masih diberi kesempatan memperbaiki,” kata Ketua KPU Solo, Agus Sulistyo setelah memeriksa berkas pendaftaran Rudy-Purnomo, Minggu (26/7).

Persyaratan pencalonan dimaksud antara lain jumlah minimal perolehan kursi PDIP untuk mengusung calon yakni minimal 20 persen kursi DPRD, surat rekomendasi dari DPP PDIP dan surat kepengurusan DPC PDIP Solo. Tiga hal tersebut dinyatakan lengkap dan memenuhi syarat.

Komisioner Divisi Hukum, Kampanye dan Pencalonan KPU Solo, Nurul Sutarti menambahkan, tiga persyaratan yakni partai pengusung minimal memiliki 20 persen kursi DPRD atau 25 persen perolehan suara, surat rekomendasi DPP partai dan kepengurusan partai pengusung diteliti saat pendaftaran. Sementara untuk syarat pribadi bisa dilengkapi sampai tujuh hari setelah pendaftaran ditutup.

“Syarat pribadi Rudy-Purnomo memang ada beberapa yang kurang. Misalnya surat bebas pailit dari Pengadilan Negeri dan Laporan Harta Kekayaan Pejabat Negara (LHKPN) dari KPK. Meskipun sudah ada surat keterangan, dokumen itu dalam proses pengurusan,” ujar dia.

Nurul menambahkan, pendaftaran calon kepala daerah dibuka 26-28 Juli 2015. Jika sampai 28 Juli hanya ada satu pendaftar, pendaftaran diperpanjang tiga setelah dilakukan jeda tiga hari untuk sosialisasi ulang. Ketentuan itu sesuai dengan Surat Edaran (SE) KPU No 403/KPU/VII/2015 yang diterima KPU Solo, Sabtu (25/7) malam.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge