0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

IDI Siapkan 29 Dokter Untuk Tes Kesehatan Calon Bupati

Ketua IDI Kabupaten Boyolali, Dr Syamsudin (timlo.net/nanin)

Boyolali — Ikatan Dokter Indonesia Cabang Boyolali, telah menyiapkan 29 dokter untuk melakukan tes kesehatan bagi  paslon bupati dan wabup dalam Pilkada besok. Total tenaga medis yang disiapkan sebanyak 35 orang.

“Kita sudah teken MOU dengan IDI untuk tes kesehatan,” ungkap Ketua KPU Boyolali, Siswadi Saptoharjono, Minggu (26/7).

KPU dan IDI juga sudah menunjuk RSUD Pandanarang Boyolali sebagai rumah sakit penyelenggara tes kesehatan. Ke-29 dokter tersebut akan ditugaskan untuk menguji kesehatan cabup dan cawabup baik kesehatan jasmani maupun rohani. Cabup dan Cawabup harus mengikuti general cek atau tes kesehatan keseluruhan sebagai persyaratan maju dalam Pilkada.

“Nanti termasuk juga tes kejiwaan, rohani dan bebas narkoba akan kita cek,” imbuhnya.

Sementara itu, tes kesehatan sesuai jadwal dilakukan antara 26 Juli hingga 1 Agustus. Namun, KPU dan IDI Boyolali, sepakat tes kesehatan akan dilakukan pada Rabu (29/7) nanti.

“Nanti Minggu (2/8) hasil tes kesehatan sudah kita terima,” tambahnya.

Ketua IDI Boyolali, Syamsudin menambahkan, selain 29 dokter yang disiapkan, pihaknya juga menyiapkan pakar psikologi, tim farmasi dan tim laboratorium. Pemeriksaan terhadap satu calon diperkirakan butuh waktu hingga delapan jam, dua jam diantaranya adalah tes psikologi. Untuk dokter spesialis, seluruh penyakit akan dilibatkan seperti dokter bedah, dokter telinga hidung tenggorokan (THT), dokter neurologi, dokter penyakit dalam, radiologi dan  termasuk yang bukan psikolog.

“Satu spesialias akan diampu dua dokter, untuk mengantisipasi jika pada hari H ada dokter yang tidak bisa menguji, sehingga bisa mengantikan,” tambahnya.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge