0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Selama Arus Mudik, Tujuh Juta Lebih Kendaraan Melintas di Solo

timlo.net.achmad khalik

Pantauan di CC Room Dishubkominfo Solo

Solo — Jumlah kendaraan yang melintas di Kota Solo mengalami penambahan 2,04 persen dibandingkan tahun sebelumnya. Tahun ini tercatat, sebanyak 7,8 juta kendaraan telah melintas saat arus mudik dan balik lebaran 2015. Sedangkan, ditahun sebelumnya atau 2014 lalu tercatat sebanyak 7,6 juta kendaraan.

“Ditahun ini mengalami peningkatan 2,04 persen. Tahun lalu sebanyak 7.666.194 kendaraan. Dan tahun ini 7.822.576 kendaraan,” terang Kasi Manajemen Rekayasa dan Lalu Lintas Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Solo, Ari Wibowo mewakili Kepala Dishubkominfo Solo, Yosca Herman Sudrajat, Minggu (26/7) siang.

Puncak arus mudik, kata Ari, terjadi pada H-2 sebelum lebaran atau pada hari Rabu (15/7) dengan jumlah kendaraan mencapai 587. 489 kendaraan. Sedangkan, untuk arus balik lebaran terjadi pada H+2 lebaran atau pada Senin (20/7) dengan total mencapai 570.411 kendaraan.

Meski begitu, lanjut Ari, momentum lebaran kali ini agak berbeda dengan tahun kemarin. Karakteristik tahun 2014 terjadi pada penumpukan kendaraan di satu hari yang sama, sementara untuk tahun ini hingga H+5 sampai H+7 arus lalu lintas masih tergolong ramai.

“Prediksi kami, penetapan cuti bersama serta hari libur sekolah berakibat pada pola cuti lebaran,” terangnya.

Disinggung dominasi kendaraan mudik maupun balik lebaran yang melintas di Kota Solo, Ari mengaku, kendaraan masih didominasi dengan jenis roda dua (motor). Disusul dengan kendaraan roda empat atau mobil pribadi dan sisanya adalah kendaraan angkuta.

“Dari data kami mencatat, pengendara motor yang melintas Solo hampir mencapai 5 juta pengendara atau 63 persen. Sisanya 2,5 juta atau 32 persen kendaraan pribadi jenis mobil dan sisanya kendaraan umum,” kata Ari.

Berdasarkan pantauan Timlo.net, akses masuk Kota Solo arah barat yang berada dipersimpangan Kleco nampak terjadi kemacetan selama lebaran tahun ini. Disusul dengan, Jalan Adi Sucipto yang terpantau ramai lancar. Dikawasan lain, Jalan Ir Sutami tepatnya dikawasan Jurug juga terpantau padat. Tak ketinggalan Jalan Bhayangkara, Ringroad Mojosongo dan Kadipiro juga mengalami peningkatan arus lalu lintas.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge