0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Ditarget Kelar 2016, Pembangunan Pasar Klewer Dimulai

timlo.net/daryono

Walikota Rudy mengoperasikan backhoe menandai peletakan batu pertama pembangunan Pasar Klewer

Solo – Setelah terbakar hebat pada 27 Desember 2014 lalu, Pasar Klewer akhirnya mulai dibangun kembali. Pembangunan tahap I tahun ini ditandai dengan peletakan batu pertama oleh Walikota Solo, FX Hadi Rudyatmo, Minggu (26/7).

“Targetnya, 2016 selesai. Tahap I ini pembangunan struktur,” kata Rudy, sapaan FX Hadi Rudyatmo, di sela peletakan batu pertama.

Rudy berharap, pembangunan tahap I bisa selesai tepat. Rudy yang masa jabatannya berakhir 28 Juli ini juga berpesan agar kekurangan anggaran untuk pembangunan tahap II sekitar Rp 97 Miliar dikawal oleh SKPD terkait.

“APBN 2016 kan ini mulai dibahas. Proposal (tahap II) sudah kita ajukan. Jadi, 2016 nanti harapannya ada anggaran untuk pembangunan tahap II,” ujar dia.

Kepala Dinas Pengelola Pasar (DPP), Subagyo mengatakan secara keseluruhan pembangunan Pasar Klewer membutuhkan anggaran Rp 157 Miliar. Pembangunan direncanakan dalam dua tahap. Untuk tahap pertama tahun ini berupa pengerjaan struktur senilai Rp 59,618 Miliar.

“Nantinya Pasar Klewer akan menampung 3.055 pedagang. Selain pedagang lama juga menampung pedagang renteng dan kemasan,” ungkap dia.

Adapun desain pasar dibuat empat lantai dengan perincian basement, semi basement, lantai satu dan lantai dua. Pasar juga akan dilengkapi fasilitas semi modern seperti lift angkut barang, hidran, fire hidrant dan lift untuk pedagang.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge