0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

3.500 Orang Rayakan Lebaran di Dalam Rutan

timlo.net/achmad khalik

Seorang petugas Rutan Kelas 1 Solo  memberikan layanan masuk kepada salah seorang pengunjung yang ingin membesuk keluarganya didalam Rutan.

Solo — Sebanyak 3.500 orang merayakan lebaran di Rumah Tahanan (Rutan) Kelas 1 Solo saat perayaan Hari Raya Idul Fitri 1436 Hijriah pada Jumat-Sabtu (17-18/7) lalu. Mereka mengunjungi saudara, kerabat, maupun sahabat yang saat lebaran berstatus sebagai warga binaan.

“Ada 3.500 orang yang datang merayakan Lebaran di Rutan Solo. Meningkatnya angka pengunjung ini, lantaran pintu kunjungan untuk tahanan narkoba dan pidana umum dibuka secara bersamaan. Sehingga, para keluarga para tahanan dan napi berinisiatif merayakan lebaran di dalam Rutan,” terang Kepala Kesatuan Pengamanan Rutan (KPR) Klas I Solo, Triyadi, baru-baru ini.

Jika dirinci, kata Triadi, pada hari pertama tercatat sebanyak 1.600 pengunjung yang hadir. Sedangkan, dihari kedua lebaran sebanyak 1.400 orang pengunjung.  Sedangkan jumlah tahanan yang dimiliki Rutan Solo sebanyak 500-an orang.

“Jadi totalnya mencapai 3.500-an orang. Beruntung masih mampu menampung para pembesuk, meski harus menerapkan aturan tiap pengunjung dibatasi setengah jam,” jelas Triadi.

Di dalam rutan, pengunjung diberikan tempat khusus untuk bertemu anggota keluarganya. Selain itu, Rutan Kelas I Solo juga menggelar acara tambahan untuk memeriahkan lebaran, seperti penampilan Grup musik Hadrah dari rutan, band rutan, dan acara halal bihalal.

Menurut dia, kunjungan lebaran pada tahun ini meningkat dibanding tahun sebelumnya. Hal itu seiring dengan meningkatnya jumlah warga binaan yang ada di Rutan Kelas I Solo.

“Kalau tahun lalu (2014) tahanannya ada 400 orang, sekarang sudah 500 lebih. Jadi itu berpengaruh terhadap jumlah kunjungan,” jelas dia.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge