0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Harga Tembakau Merangkak Naik, Petani Lega

foto: Nanin

Panen tembakau tahun ini lumayan bagus,petani berharap harga tembakau tetap tinggi hingga akhir masa panen

Boyolali – Musim tanam tembakau bagi petani di Lereng Gunung Merapi-Merbabu tahun ini, diperkirakan hasilnya lebih baik dari tahun sebelumnya. Saat ini, harga tembakau juga lumayan bagus.

“Sudah ada penebas yang mulai membeli hasil panen, di wilayah atas bahkan sudah mulai merajang tembakau,” ungkap Haryanto (47), salah satu petani tembakau warga Cepogo, Sabtu (25/7).

Hanya, di saat harga bagus, sebagian besar tanaman tembakau belum memasuki masa panen. Kebanyakan tanaman tembakau baru memasuki fase munggel atau baru saja dipotong bagian pucuk supaya daun-daun di bawahnya cepat tua. Diperkirakan baru sekitar 20 hari ke depan tanaman tembakau bisa dipanen.

“Harapan kita harga tetap bagus hingga panen berakhir,” imbuhnya.

Dijelaskan untuk harga tembakau, di lahan miliknya seluas 500 m2 sudah ditawar Rp 1 Juta. Namun ada juga petani yang enggan melepas tanaman tembakau seluas 1.000 m2 dengan harga Rp 3 Juta. Padahal tahun kemarin, harga tembakau untuk luasan 3.000 m2 hanya dijual Rp 6,5 Juta.

Petani lain, Suwarno (60), mengaku hasil tanam tembakau tahun ini cukup menjanjikan. Hanya saja pihaknya berharap harga tembakau tidak menjadi permainan tengkulak.

Saat ini dirinya masih menunggu usia tanam tembakau siap panen. Setidaknya 20 hari ke depan tanaman tembakaunya sudah cukup tua dan siap dipanen.

“Kita tunggu penebas dengan harga tinggi, sembari menunggu daun tembakau tua,” imbuhnya.

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge