0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Aplikasi Game Dengan Iklan Tersembunyi Buat Ponsel Macet

google play
Google Play. (Dok: Timlo.net/ Phone Arena.)

Timlo.net—Menurut sebuah pemberitaan, ternyata ribuan aplikasi diam-diam menampilkan iklan yang tidak bisa dilihat oleh para pengguna.

Trik ini membuat smartphone berjalan lambat bahkan macet dan para pemasang iklan juga tertipu oleh trik ini.

Hingga sejauh ini, Forensiq telah mengidentifikasi lebih dari 5 ribu aplikasi yang menampilkan iklan tidak terlihat ini di iOS dan Android. Dalam penelitian selama 10 hari itu, Forensiq menemukan jika satu persen dari smartphone di Amerika Serikat (AS) menginstal paling tidak satu aplikasi yang memakai trik penipuan ini. Di Eropa dan Asia, dua hingga tiga persen smartphone menjadi korban dari trik iklan ini.

Laporan itu memperkirakan jika para pengiklan membayar sekitar &850 juta untuk iklan setiap tahunnya. Aplikasi-aplikasi yang memakai cara penipuan ini bisa menguras 2 GB kuota data dari satu smartphone per hari.

“Hal ini bisa menjadi salah satu jenis penipuan iklan online yang tidak diketahui,” kata Chief Executive Forensiq David Sendroff kepada Wall Street Journal. Para pengguna mungkin hanya melihat satu iklan di layar mereka, tapi sebenarnya ada lima atau 10 iklan yang tampil di latar belakang yang tidak bisa dilihat.

Penipuan ini kali pertama muncul saat Forensiq mengamati beberapa aplikasi memuat iklan dalam jumlah tinggi. Beberapa aplikasi, contohnya, menunjukkan 5 iklan tersembunyi setiap ada satu iklan yang terlihat di layar pengguna.

Dalam beberapa kasus, beberapa aplikasi tetap menampilkan iklan sekalipun pengguna menutup aplikasi itu. Sekalipun Forensiq tidak menyebut nama-nama aplikasi itu, Bloomberg menyebut beberapa game ponsel yang membuat smartphone lambat. Diantaranya adalah Waxing Eyebrows, Celebrity Baby, dan Vampire Doctor, yang dibuat oleh Girls Games Only.

Game-game di atas sempat dicekal Google Play Store. Apple dan Google belum merespons tentang berita ini. Sendroff berkata sulit untuk mengindentifikasi aplikasi yang menggunakan trik tipuan ini. “Kadang-kadang terasa seperti mencari jarum di tumpukan jerami,” katanya kepada the Wall Street Journal.

 

Editor : Ranu Ario

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge