0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Cara Sederhana Untuk Pulih Setelah Putus Cinta

dok.timlo.net/google.images
Tidur. (dok.timlo.net/google.images)

Timlo.net—Menurut penelitian yang dilakukan oleh University of Arizona, tidur yang teratur bisa menolong kita mengatasi rasa galau karena putus cinta.

Dalam penelitian itu, mereka yang putus dengan pacar tapi tidur dan bangun dalam waktu yang sama setiap hari, mengaku memperoleh kepuasan hidup yang lebih besar dibandingkan dengan mereka yang tidur tidak teratur.

Mereka yang tidur tidak teratur seringkali merasa lelah sepanjang hari, dan mencoba untuk membayar kekurangan tidur mereka, kata pemimpin penelitian Spencer Dawson, Ph.D. Hal ini membuat tubuh kita serasa mengalami jet lag, di mana saat kita seharusnya merasa ngantuk dan tidur kita justru terjaga. Dan saat kita harusnya terjaga, kita malah mengantuk dan tidur karena jam internal kita kacau. Kondisi ini bisa mengacaukan kesehatan mental dan fisik, kata Dawson.

Tapi mereka yang tidur nyenyak di malam hari dan terjaga di siang hari bisa menangani perasaan sulit dengan lebih baik, misalnya menangani rasa sakit karena putus cinta dan tidak dilanda galau karenanya, kata Dawson.

Tiba bisa tidur dengan jadwal teratur? Lakukan perlahan-lahan, kata Dawson. Jika Anda bisa melakukannya pelan-pelan, tambahkan perubahan kecil hari demi hari, termasuk di akhir pekan. Strategi ini bisa menolong kita bangun tidur lebih mudah di Senin pagi.

“Untuk membuat hal ini lebih mudah, rencanakan aktivitas yang menyenangkan yang membuat bangun tidur lebih menarik dibandingkan tetap tidur,” sarannya.

Sumber: Men’s Health.

 

Editor : Ranu Ario

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge