0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Sekalian Mudik, Perantau Perpanjang SIM

dok.timlo.net/gg
Ilustrasi SIM (dok.timlo.net/gg)

Karanganyar — Selain bersilaturahmi dengan keluarga, para pemudik memanfaatkan waktunya untuk memperpanjang Surat Ijin Mengemudi (SIM). Hal tersebut terlihat dari pengajuan surat izin mengemudi (SIM) di satuan lalu lintas Polres Karanganyar meningkat dua kali lipat.

“Habisnya (masa berlaku SIM) masih bulan September, daripada bolak-balik mending sekalian aja pas mudik,” kata Dani (25),  warga Karanganyar yang merantau ke Jakarta, Jumat (24/7).

Senada diungkapkan Suwarno (35). Warga Karangpandan itu memperpanjang SIM A untuk mengemudi kendaraan roda empat. “Kerja saya di perkotaan, jadi SIM saya perbarui terus,” terangnya.

Kasatlantas Polres Karanganyar AKP Bambang Erwadi mengungkapkan, permintaan permohonan SIM meningkat pada hari ke dua buka pelayanan. Hal ini kerap terjadi setiap tahun, yakni saat libur Lebaran.

”Mereka kebanyakan warga yang bekerja di luar kota, rata-rata pemudik yang minta perpanjang. Sebagian lagi pemohon SIM baru,” terang AKP Bambang.

Dia memperkirakan jumlah pemohon meningkat dua kali lipat dibanding biasanya. Tak hanya itu, pemudik juga ramai menyerbu pelayananan perpanjangan pajak kendaraan bermotor. Hal itu terlihat dari kantor pelayanan perpanjangan terpadu Karanganyar.

”Permintaan terus ramai sampai seminggu setelah Lebaran,” imbuhnya.

Namun demikian, pihaknya tidak menambah petugas yang melayani pehomon. Dikarenakan, warga pemohon tersebut bersedia antre dengan tertib.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge