0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Sikapi Insiden Tolikara, Ribuan Muslim Soloraya Apel Siaga

Ribuan elemen umat muslim Soloraya menggelar aksi long march menyikapi peristiwa Karabuga, Tolikara, Papua. ()

Solo — Ribuan elemen umat muslim Soloraya menggelar aksi long march menyikapi peristiwa Karabuga, Tolikara, Papua. Aksi yang mengambil start dari Lapangan Kota Barat hingga Bundaran Gladag tersebut menyuarakan dukungan moril terhadap korban peristiwa di Tolikara.

“Aksi ini sebagai bentuk solidaritas umat muslim Soloraya terhadap korban peristiwa Tolikara,” tegas Humas Aksi, Endro Sudarsno kepada wartawan, Jumat (24/7).

Aksi yang mengusung tema “Apel Siaga Umat Islam, Solidaritas untuk Kaum Muslim Tolikara-Papua” itu, kata Endro, menyatakan sejumlah tuntutan. Di antaranya, pembangunan kembali tempat ibadah yang dirusak, pembangunan kembali infrastruktur dan rumah warga yang rusak serta menindak tegas pelaku dibalik aksi Tolikara.

“Kami meminta pemerintah supaya bertindak cepat dan tegas menyelesaikan kasus tersebut,” tegasnya.

Sementara, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Solo, Zainal Arifin Adnan mengatakan, supaya umat muslim tetap menjaga kerukunan antar umat beragama diberbagai kawasan Indonesia khususnya di Soloraya. Disamping itu, aparat harus bertindak tegas dan serius dalam menyelidiki kasus Tolikara.

“Supaya tidak terjadi hal serupa, aparat harus bertindak tegas menindak pelaku kasus Tolikara,” kata Zainal.

Pantauan Timlo.net, aksi yang dimulai sekitar pukul 13.00 WIB sempat memacetkan arus lalu lintas. Disamping itu, aksi yang diikuti ribuan massa tersebut juga dikawal ketat oleh aparat gabungan.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge