0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

PDE Sragen Siapkan Aplikasi Lahir Ceprot Pulang Bawa Akta

(Ilustrasi) contoh akta kelahiran (dok.timlo.net/is)

Sragen — Pengelolaan Data Elektronik (PDE) Sragen tengah menyiapkan aplikasi untuk program inovasi terbaru di bidang kependudukan. Yaitu pelayanan akta kelahiran online bagi ibu yang melahirkan di RSUD Soehadi Prijonegoro Sragen. Dengan program ini begitu pulang dari rumah sakit, si ibu langsung bisa membawa akta kelahiran anaknya.

“Kami baru menyelesaikan aplikasi untuk program itu dan nanti harus benar-benar siap saat diluncurkan,” kata Kepala PDE Sragen, Dwiyanto.

Dwiyanto mengatakan, saat ini aplikasi untuk program pelayanan itu tengah dimatangkan. Untuk nama dari program ini juga belum ada. Rencananya, inovasi itu bakal diluncurkan pada Agustus mendatang. Inovasi ini sebenarnya mengadopsi program “Lahir Ceprot Pulang Bawa Akte” yang telah dilakukan Pemkab Banyuwangi, Jawa Timur.

Dwiyanto menjelaskan, namun program ini berbeda dengan yang ada di Banyuwangi. Sebab untuk di Sragen masyarakat tidak perlu repot-repot pergi ke desa atau kecamatan untuk mengumpulkan berkas.

Untuk tahap awal pelayanan ini baru akan diterapkan di RSUD Soehadi Prijonegoro. Bila sudah terlaksana dan tersosialisasi dengan baik, baru akan dilanjutkan ke seluruh Puskesmas, rumah bersalin dan bidan desa yang ada di Sragen.

“Sementara baru akan dilakukan di RSUD karena petugasnya adalah PNS,” ujar Dwiyanto.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge