0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Perbaikan Jalan, Jalur SSB Macet

timlo.net/nanin

Macet di jalur Solo Selo Borobudur akibat proyek perbaikan jalan

Boyolali — Jalur alternatif menuju ke Magelang dan Jakarta via Solo-Selo-Borobudur (SSB) hingga H+6 masih dipadati kendaraan pemudik. Arus lalin di jalur ini mengalami kemacetan menyusul perbaikan di jalur tersebut. Kepadatan arus lalu lintas paling parah terlihat di Desa Genting, Cepogo.

Kepadatan arus lantas di jalur tersebut, juga dikeluhkan masyarakat sekitar. Pasalnya, Genting menuju ke Selo yang bisa dijangkau 15-30 menit, saat ini perjalanan bisa mencapai 2 jam. Selain itu, kondisi jalan yang sedang diperbaiki, berdebu dan licin, seringkali menyebabkan pengguna jalan roda dua tergelincir dan jatuh.

“Kita berjaga disini untuk membantu pengendara yang jatuh,” ucap Yatno (20) warga Candi Baru, Genting, Cepogo, Kamis (23/7).

Dijelaskan, untuk menghindari roda dua terjatuh, mereka dilewatkan ke jalur rigid sementara untuk mobil dijalur aspal. Kondisi jalur yang dilewati berdebu dan berkerikil, sehingga membahayakan bagi pengguna kendaraan roda dua.

“Kita sering patroli pakai motor, kalau ada mobil yang mogok kita juga turun tangan untuk membantu,” imbuh Yanto.

Disisi lain, salah satu pemudik asal Jakarta yang melintasi jalur alternatif SSB, Hamidah (45), mengaku memilih melintasi jalur SSB kaerena dinilai lebih cepat. Meski diakui, harus ekstra hati-hati saat melintasi jalur tersebut. Bagi Hamidah, selain berdebu dan rusak, jalan SSB juga mengerikan.

“Gimana lagi, lebih cepat lewat sini, tapi kok ya macet dan jalanya rusak begini,” ucapnya sambil mengunggu antrian.

Kepala Bidang (kabid) Lalin dan Angkutan Dishubkominfo Boyolali, Sigit Harimulyo menjelaskan, selama mudik balik lebaran, jalur alternatif saat ini masih diminati. Bahkan, diprediksi dalam dua hari kedepan masih akan terjadi kepadatan di jalur alternatif itu.

“Ini sisa-sisa arus balik, menjelang berakhirnya libur sekolah,” tandasnya.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge