0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Alasan Beberapa Pria Suka Melecehkan Wanita di Internet Terungkap

Cyber-Bullying-Photo2
(Ilustrasi) Cyber bullying. ()

Timlo.net—Sebuah penelitian yang diterbitkan di jurnal POS ONE mengungkap kepribadian para pria yang suka menulis komentar jahat terhadap para wanita. Dalam penelitian itu terungkap bahwa satu dari empat wanita berusia 18-24 tahun menjadi korban dari pelecehan online ini.

Terungkap jika para pria dengan kepercayaan diri yang rendah cenderung suka menyerang wanita lewat internet dibandingkan dengan pria yang percaya diri.

Untuk melakukan studi ini, para peneliti meminta 163 kelompok pria dan wanita bermain sebuah video game melawan satu sama lain. Yang diketahui oleh kelompok ini adalah gender pemain lain. Saat para pria bermain game dengan buruk, sikap mereka terhadap pria lain tetap sama, tapi mereka mulai mengatakan hal-hal kasar tentang dan kepada para pemain wanita.

Menurut para peneliti, para pria yang kalah dalam permainan itu tidak hanya merasa tergganggu, mereka juga merasa terancam oleh para wanita. “Para pria dengan status yang rendah dan kinerja yang rendah merasa mengalami lebih banyak kerugian sebagai hasil dari rekonfigurasi hierarki karena masuknya wanita kompetitif,” tulis peneliti.

Mereka juga berpendapat jika pria yang tidak kompeten ini mencoba menyerang para wanita secara verbal di internet untuk mengganggu kepercaya diri para wanita itu dan meningkatkan peluang untuk mendekati mereka.

Akan tetapi pria yang merasa nyaman dengan kemampuan mereka tidak merasa perlu untuk bertindak demikian. “Pria dengan keterampilan yang lebih tinggi (lebih dominan) tidak berperilaku seperti ini, karena mereka tidak perlu menekankan kembali dominasi mereka untuk menjaga daya tarik mereka,” tulis peneliti.

Penelitian ini juga menyimpulkan dengan semakin banyaknya wanita memasuki dunia pria (misalnya dalam platform online dan video game), para pria harus beradaptasi dan mengubah perilaku kasar mereka seperti yang terlihat dalam penelitian ini.

“Satu cara untuk menekan perilaku ini mungkin dengan mengajarkan para para pria muda jika kalah dengan lawan jenis tidaklah memalukan secara sosial,” tulis mereka.

Sumber: Women’s Health.

 

Editor : Ranu Ario

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge