0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Operasi Pasar “Gas Melon” Diserbu Warga

dok.timlo.net/tarmuji
OP LPG 3 Kg di Kecamatan Ngadirojo (dok.timlo.net/tarmuji)

Wonogiri — Lonjakan kebutuhan LPG 3 Kg di tengah-tengah masyarakat paska Lebaran masih terasa. Pertamina bersama Pemkab Wonogiri pun menggelar Operasi Pasar (OP) di setiap kecamatan mulai 22 Juli hingga 25 Juli. Sejumlah warga pun mengaku terbantu dengan digelarnya OP “gas melon” ini.

“Biasanya satu tabung melon bisa 10 hari lantaran Lebaran banyak digunakan memasak, hanya bertahan empat hari saja,” ujar warga Ngadirojo, Pranoto (36), Kamis (23/7).

Menurutnya, saat OP ini membeli dua tabung dengan harga Rp 15.500 per tabung. Namun, harga bisa menjadi Rp 20 ribu pertabung jika telah sampai ke pengecer.

“Ya kalau ada OP seperti ini bisa lebih hemat,” ujarnya.

Terpisah, Budi Prasetyo dari Hiswana Migas Surakarta, mengatakan, berdasar pengalaman tahun-tahun lalu, setelah Lebaran kebutuhan LPG 3 Kg mengalami peningkatan. Hal tersebut disebabkan beberapa hal. Di antaranya, banyaknya perantau yang pulang ke kampung halamannya (Wonogiri), sehingga kebutuhan elpiji di semua rumah tangga mengalami peningkatan. Seperti di Kecamatan Ngadirojo, sebanyak 360 tabung LPG didistribusikan kepada masyarakat dengan harga Rp 15,500 pertabung.

“Oleh sebab itu, untuk mengantisipasi terjadinya kelangkaan, Pertamina menggelar operasi pasar LPG melon di seluruh kecamatan di wilayah Wonogiri,” tegasnya.

Seperti diketahui, OP LPG 3 Kg digelar di wilayah Kecamatan Wonogiri, Pracimantoro, Jatisrono, Bulukerto, Tirtomoyo, Baturetno, Purwantoro, dan Manyaran. Untuk hari Kamis (23/7) operasi pasar di Kecamatan Selogiri, Girimarto, Ngadirojo, Batuwarno, Giritontro, Eromoko dan Slogohimo.

Kemudian, pada hari Jumat (24/7), operasi pasar dilaksanakan di Kecamatan Puhpelem, Jatiroto , Jatipurno, Nguntoronadi, Paranggupito, Wuryantoro dan Kismantoro. Operasi pasar hari terakhir dilakukan hari Sabtu (25/7) di wilayah Kecamatan Giriwoyo, Sidoharjo dan Karang Tengah.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge