0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

One Piece Akan Segera Tamat?

One Piece

Dok: Timlo.net/en.rocketnews24.com

One Piece

Timlo.net—Manga (komik Jepang) One Piece karya Eiichiro Oda semakin lama semakin populer. Tapi walaupun para penggemar bahagia melihat para bajak laut itu terus berlayar, editor sang manga berkata bahwa Oda telah menetapkan bagaimana cerita manga ini akan berakhir. Bahkan sang artis manga itu sudah menghitung berapa jumlah buku komik yang akan dirilis sebelum One Piece tamat.

Manga One Piece, mulai dirilis dalam antologi komik Weekly Shonen Jump pada 19 Juli 1997. Manga ini baru saja merayakan hari ulang tahu ke-18 pada hari Minggu lalu. Dua hari sebelum perayaan pencapaian itu, editor manga dari penerbit Shueisha, Taku Sugita, tampil dalam siaran radio J-Wave, Gold Rush di Tokyo Jepang berbicara soal komik populer ini.

Karena komik ini sudah terbit selama 18 tahun, editornya sering berganti-ganti. Sugita sendiri merupakan editor kedelapan. Saat ditanya bagaimana rasanya bekerja dengan seniman komik Jepang paling sukses di era ini, Sugita berkata jika Oda cukup egaliter dalam sikap kerjanya. Walaupun para seniman manga biasanya disebut ‘sensei” (guru) oleh para penggemar dan orang yang bekerja di industri ini, Oda lebih memilih memiliki hubungan yang setara dengan editornya. Oleh karena itu, dia lebih memilih disebut dengan panggilan yang lebih sederhana seperti Oda-san dan bukan Oda-sensei. Padahal Sugita yang berusia 26 tahun, 14 tahun lebih muda dibandingkan Oda. Dengan kata lain, One Piece sudah terbit sejak sang editor itu masih ada di sekolah dasar (SD).

Tapi bukan berarti sang seniman ini ingin masukan sang editor dalam setiap langkah yang dilakukan saat membuat manga. Bahkan, Oda meminta para editornya untuk tidak terlalu banyak memberikan saran terkait jalan cerita. Dia beralasan jika jalan ceritanya tidak berasal dari pemikirannya sendiri, dia kurang termotivasi untuk menggambarnya.

Di sisi lain, ide-ide mengalir dengan bebas dari sisi sang seniman. Selama wawancara, Sugita berkata jika setiap kali editor baru memulai tugasnya untuk One Piece, dia akan berdiskusi lama dengan Oda. Sang seniman akan mengungkap rencananya terkait serial komik itu. Sugita ingat saat Oda bertanya di telepon jika dia sendirian dan tidak ada orang lain yang menguping pembicaraan mereka. Dia lantas mengecek kondisi di sekitarnya untuk memastikan dia sendirian. Sesudah itu, Oda membagikan akhir cerita petualangan Luffy dan rekan-rekannya. Penjelasan ini memakan waktu 7 jam.

Saat ditanya kira-kira berapa buku lagi komik diterbitkan sebelum akhirnya tamat, Sugita menawarkan tebakan terbaiknya, “Sekitar 60 buku, Oda berkata jika ceritanya sudah setengah selesai,” katanya. Saat komik One Piece volume ke-78 terbit bulan ini, Sugita berkata jika jalan cerita sudah memasuki 70-80 persen dari seluruh babak cerita.

Dengan kata lain, menurut perkiraan sang editor, keseluruhan cerita One Piece memerlukan 120 volume. Karena Shueisha rata-rata merilis empat volume komik One Piece dalam setahun, maka ini berarti masih ada sekitar 10 tahun lebih hingga One Piece tamat.

Sumber: En.rocketnews24.com

Editor : Ranu Ario

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge