0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pemkot Solo Kerjasama dengan STTD

dok.timlo.net/heru murdhani
Pemkot Solo jalin kerjasama dengan STTD (dok.timlo.net/heru murdhani)

Solo – Pemerintah Kota Solo menandatangani perjanjian kerjasama tentang pemenuhan kebutuhan Sumber Daya Manusia (SDM) di bidang perhubungan darat, dengan Sekolah Tinggi Transportasi Darat (STTD), Kamis (23/7). Kerjasama tersebut dijalin guna menjaring putra-putri daerah untuk bisa masuk Kementerian Perhubungan.

“Kebutuhan SDM di bidang perhubungan darat masih sangat kurang, karenanya kami menjalin kerjasama dengan pemerintah daerah untuk bisa membantu kami menyalurkan putra-putri daerah untuk bersekolah di tempat kami,” ungkap Ketua Sekolah Tinggi Transportasi Darat, Zulmafendi seusai penandatanganan kerjasama.

Dijelaskan, di seluruh Indonesia masih membutuhkan puluhan ribu tenaga kerja Pegawai Negeri Sipil (PNS) di bidang transportasi darat. Padahal tenaga kerja yang ada saat ini baru ada sekitar 3.000 orang di hampir seluruh daerah di Indonesia. Dia menjelaskan dari 3.000 orang tersebut, sekitar 2.000 orang berada di Jakarta.

“Jadi hampir semua daerah masih kekurangan. Kami bekerjasama dengan beberapa daerah misalnya Kabupaten Semarang, Kabupaten Ponorogo, Kota Blitar, Kota Cianjur dan Kota Solo.” ungkapnya.

STTD sendiri memiliki 5 jurusan, yakni D2 Ujian Kendaraan Bermotor, D4 Transportasi Darat, D3 Lalu Lintas ngkutan jalan, D3 Lalu Lintas Angkutan Sungai, Danau dan Penyeberangan, serta D3 Perkeretaapian. Setiap tahunnya mereka menerima siswa sebanyak 360 siswa.

Zulmafendi mengatakan, Kota Solo dipilih sebagai salah satu kota kerjasama lantaran Solo dipandang berhasil menjadi salah satu kota yang bisa mengatasi permasalahan transportasi. Dia mengatakan Solo sebagai kota perlintasan di Jawa, telah berhasil memperlancar arus mudik dan balik selama Lebaran.

“Solo sebagai kota lintasan berhasil menyelenggarakan rekayasa lalu lintas dengan cukup baik, karenanya kami melihat potensi ini sebagai salah satu kriteria untuk kerjasama,” katanya.

Selain kerjasama tersebut, STTD dan Pemkot juga menandatangani perjanjian kerjasama pengembangan SDM di bidang transportasi darat.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge