0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Minggu, KPU Solo Buka Pendaftaran Pasangan Calon Kepala Daerah

dok.merdeka.com
(Ilustrasi) Pilkada (dok.merdeka.com)

Solo — Tahapan pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak 2015 memasuki masa pendaftaran pasangan calon (Paslon) kepala daerah. Sesuai jadwal tahapan Pilkada serentak, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Solo mulai membuka pendaftaran pasangan calon, Minggu-Selasa (26-28/7).

“Pendaftaran paslon ke KPU dilayani mulai Minggu hingga Selasa, (26-28/7) di kantor KPU Solo. Pendaftaran dimulai pukul 08.00 sampai pukul 16.00,” kata Komisioner Divisi Hukum Pengawasan, Pencalonan dan Kampanye KPU Solo, Nurul Sutarti, saat dihubungi wartawan, Rabu (22/7).

Dijelaskannya, KPU sudah mempersiapkan pendaftaran paslon sejak dimulai masa penyerahan berkas persyaratan calon independen. Help desk dan kelompok kerja pencalonan juga sudah terbentuk. Dengan demikian, saat ini KPU siap menerima pendaftaran paslon sesuai jadwal.

Untuk lebih mensosialisasikan pendaftaran, Kamis (23/7) besok, KPU bakal mengundang parpol peserta Pilkada untuk mensosialisasikan syarat-syarat pencalonan. Sosialisasi ini menyangkut adanya perubahan pada Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 9 Tahun 2015 menjadi PKPU Nomor 12 Tahun 2015.

Disinggung kemungkinan jika hanya ada satu paslon yang mendaftar, Nurul menjelaskan pendaftaran bisa diperpanjang selama tiga hari. Sesuai yang diatur dalam PKPU, minimal harus ada dua Paslon mendaftar.

”Sesuai PKPU Nomor 12 Tahun 2015 tentang Perubahan PKPU Nomor 9 tahun 2015 Pencalonan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Wali Kota dan Wakil Wali Kota, pendaftaran bisa diperpanjang selama tiga hari ke berikutnya. Itu bisa terjadi kalau hanya ada satu paslon yang mendaftar,” terang dia.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge