0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Jangan Pencet Jerawat di Telinga

Dok: Timlo.net/ Men's Health.
Jerawat di telinga. (Dok: Timlo.net/ Men's Health.)

Timlo.net—Jerawat di telinga bisa terasa mengganggu, tapi jangan sampai memencetnya. Walaupun tangan Anda bersih, bisa saja ada kuman di kuku Anda. Hal ini berarti, saat Anda memencet jerawat, bisa jadi kuman menyebar ke telinga dan memperburuk infeksi, kata Joel Cohen, M.D., seorang dermatologis di Colorado, Amerika Serikat (AS).

Untuk mengatasi jerawat di telinga, lebih baik menggunakan cotton bud yang diolesi dengan gel benzoyl peroxide secara langsung ke bagian jerawat hingga menghilang. Benzoyl peroxide memiliki kandungan anti radang dan anti bakteri, sehingga menolong mencegah jerawat membengkak dan membunuh bakteri penyebabnya.

Untuk mencegah jerawat muncul kembali, Anda perlu meningkatkan kebersihan di area telinga, kata Amy Derick, M.D., seorang instruktur klinis di bidang dermatologis di Northwestern University.

“Jadikan kebiasaan Anda untuk mencuci telinga saat mencuci wajah,” kata Dr. Derick.

Setelah mengeringkan wajah dan telinga dengan handuk, gunakan pembersih wajah dengan astringent yang mengandung salicylic acid ke telinga. Zat ini bisa membersihkan pori-pori kulit yang kelebihan minyak.

Setelah itu gunakan cotton bud yang diolesi alkohol untuk membersihkan telinga. Lakukan hal ini sekali seminggu atau saat Anda merasa telinga sudah kotor.

Sumber: Men’s Health.

Editor : Ranu Ario

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge