0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Jonan : Lebaran Tahun Ini, Penumpang Pesawat Naik 2 Persen, Kereta 1,5 Persen

dok.merdeka.com
Menhub Ingnatius Jonan (dok.merdeka.com)

Timlo.net — Kementerian Perhubungan menyatakan pelayanan angkutan Lebaran 2015 berjalan cukup baik dan untuk angkutan udara maupun kereta mengalami peningkatan. Pernyataan tersebut dilontarkan oleh Menteri Perhubungan Ignatius Jonan, saat dia langsung memantau pelaksanaan pelayanan Angkutan Lebaran 2015 di Bandara Internasional Adisutjipto Yogyakarta, Selasa.

Dalam pemantauan arus balik Lebaran tersebut Ignatius Jonan menyempatkan diri untuk menyapa sejumlah calon penumpang pesawat yang sedang menunggu waktu keberangkatan.

“Dari H-7 hingga H+2 untuk angkutan penerbangan nasional mengalami kenaikan dua persen dibanding tahun lalu, sedangkan untuk kereta api mengalami kenaikan 1,5 persen,” katanya Selasa (21/7).

Menurut dia, jumlah penumpang angkutan udara untuk pertama kali mengalami kenaikan lebih besar dibanding kenaikan jumlah penumpang kereta api.

“Memang ada tren masyarakat beralih menggunakan angkutan udara untuk mudik,” katanya.

Namun, untuk angkutan darat bus, dalam operasi ini tercatat penurunan jumlah penumpang hingga minus lima persen di banding tahun lalu.

“Ini mungkin karena tahun ini semakin banyak diselenggarakan angkutan mudik gratis dari perusahaan maupun organisasi kemasyarakatan. Tercatat setidaknya ada 200 ribu yang mendapat layanan mudik gratis, dan ini tidak dicatat dalam jumlah penumpang mudik,” katanya.

Penurunan juga terjadi di angkutan kapal laut sekitar dua persen.

“Penyeberangan laut juga naik sekitar lima hingga tujuh persen,” katanya.

Sebelumnya, Kemenhub memprediksi bakal ada lonjakan jumlah pemudik pengguna kereta dan pesawat. Sedangkan, untuk pemudik pengguna bus, mengalami penurunan.

Menteri Perhubungan Ignasius Jonan mengatakan, penggunaan bus turun hingga 5,9 persen. Sedangkan lonjakan terjadi pada penggunaan moda transportasi pesawat sebesar 2,05 persen dan kereta api naik sekitar 8,54 persen.

“Pemudik yang menggunakan mobil pribadi naik 5,8 persen. Sepada motor naik 7,77 persen,” ungkapnya dalam rapat koordinasi persiapan pelaksanaan angkutan lebaran terpadu di Kantor Kemenhub, Jakarta, Selasa (30/6).

Kemenhub memperkirakan jumlah penumpang penerbangan mencapai 69.665 orang untuk tujuan internasional. Sedangkan untuk penerbangan domestik diperkirakan mencapai 237.703 penumpang. Sedangkan armada yang ada saat ini sekitar 450 pesawat.

Tiket pesawat Garuda harga termurah —> bit.ly/timlogaruda
Tiket pesawat Lion Air harga termurah —> bit.ly/timlolion
Tiket pesawat ke luar negeri promo —> bit.ly/tiketpromotimlo
Hotel di luar negeri –> bit.ly/hoteldunia
Hotel di Solo murah –> bit.ly/hotelsolomurah

[noe]

Sumber : Merdeka.com

Editor : Eddie Mutaqin

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge