0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pengunjung Candi Plaosan Naik Dua Kali Lipat

Klaten – Meski tak seluas kompleks Candi Prambanan, Candi Plaosan juga menjadi salah satu magnet wisatawan untuk menghabiskan libur Lebaran. Ratusan pengunjung menyerbu candi berlokasi di Desa Bugisan, Kecamatan Prambanan, Klaten itu.

“Karena jaraknya yang dekat, setelah ke Candi Prambanan biasanya pengunjung menyempatkan waktu datang kesini (Plaosan),” tutur petugas Kompleks Candi Plaosan, Angga, Senin (20/7).

Dikatakannya, selama libur Lebaran pengunjung Candi Plaosan melonjak dua kali lipat dibanding hari biasa. Dengan merogoh kocek Rp 3.000, pengunjung dapat menikmati kompleks candi yang dibangun sekitar abad kesembilan ini.

“Pada hari biasa rata-rata pengunjung kurang dari 50 orang, baik wisatawan lokal maupun asing. Tapi sejak Sabtu dan Minggu (18-19/7) lalu, jumlah pengunjung meningkat sekitar 150 orang per harinya,” imbuhnya.

Dijelaskannya, candi yang dikelola Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Tengah ini terdiri atas Candi Plaosan Lor dan Candi Plaosan Kidul. Plaosan didirikan oleh Rakai Panangkaran, salah seorang raja dari Dinasti Syailendra, yang juga membangun Candi Borobudur dan Candi Sewu.

“Selain tempat wisata cagar budaya, Plaosan juga sebagai lokasi upacara keagamaan agama Budhha. Maka pengunjung tidak boleh merokok di dalam kompleks candi, dilarang memanjat, tidak boleh corat-coret,” jelasnya.

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge