0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Ratusan Ribu Kendaraan Mulai Tinggalkan Kota Solo

dok.redaksi

kemacetan yang terjadi di Solo

Solo – Sebanyak 420 ribu kendaraan keluar-masuk Kota Solo pada H+1 lebaran 2015. Jumlah tersebut menurun jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya yang mencapai 538 ribu kendaraan lebih.

“Diprediksi, arus balik tahun ini pecah menjadi tiga hari. Untuk pemudik dengan tujuan Jawa Barat sudah mulai mudik atau melintasi Kota Solo mulai kemarin dan hari ini. Kemungkinan, untuk pemudik dengan tujuan lingkup Jawa Tengah bisa esok hari,” kata Kasi Manajemen dan Rekayasa Lalu Lintas Dishubkominfo Solo, Ari Wibowo, Senin (20/8) sore.

Penurunan angka pemudik, kata Ari, dipengaruhi banyak faktor. Mulai dari penetapan cuti bersama, hari libur maupun akhir pekan saat jatuhnya Hari Raya Idul Fitri.

Meski terjadi penurunan sekitar 21,89 persen dibandingkan tahun kemarin namun pihaknya tetap siap siaga mengantisipasi lonjakan arus balik.

“Untuk pemudik yang masuk Kota Solo sebanyak 202.974 kendaraan, sedangkan yang keluar Kota Solo mencapai 217.260 kendaraan. Jadi totalnya mencapai 420.242 kendaraan,” terang Ari.

Senada, Kepala Dishubkominfo Solo, Yosca Herman Soedrajat saat ditemui Timlo.net mengatakan, diprediksi puncak lebaran terjadi H+1 hingga H+3. Mengingat, sejumlah karyawan swasta di kawasan Jakarta atau Jawa Barat sudah mulai masuk pada hari Senin (20/8) ini.

Sementara, karyawan BUMN maupun Pegawai Negeri Sipil di kawasan ibukota sesuai dengan libur cuti bersama yang ditetapkan oleh pemerintah.

“Mulai kemarin sudah terjadi kenaikan arus kendaraan. Bahkan, hari ini angka pemudik yang melakukan arus balik tergolong tinggi. Kemungkinan, sampai besok juga akan seperti ini,” tandas Yosca.

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge