0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Puluhan Wisatawan Disengat Ubur-ubur

dok.merdeka.com

ilustrasi

Timlo.net – Puluhan pengunjung Pantai Baron, Gunung Kidul, menjadi korban sengatan ubur-ubur. Data dari SAR Linmas korwil II Pantai Baron Kabupaten Gunung Kidul menyebutkan, H+1 dan H+2 Lebaran sudah ada 37 orang tersengat ubur penyengat (Rhizotomae) yang saat ini mengelilingi pantai selatan.

“Sejak dua hari terakhir, dari 18 titik pantai di Gunung Kidul terdapat 37 orang yang tersengat ubur-ubur atau impes, dan dua orang terkena bulu babi,” kata Sekretaris SAR Linmas korwil II Pantai Baron Kabupaten Gunung Kidul, Surisdiyanto, Minggu (19/7).

Surisdiyanto mengatakan, pengunjung yang menjadi korban sengatan ubur-ubur anak-anak. Hal ini karena air sedang surut sehingga sebagian besar wisatawan main diantara cekungan air di sekitar batuan karang di sekitar pantai.

Untuk menimalisir korban, puluhan anggota Tim Pencarian dan Penyelamatan Koordinator Wilayah II Pantai Baron Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, membersihkan ubur-ubur yang tersapu ombak dan terdampar di bubir pantai. Kemudian mengubur ubur-ubr itu di suatu tempat.

“Kami mengantisipasi sengatan ubur-ubur atau impes,” katanya.

Selain melakukan pembersihan pantai pada pagi hari, kata Surisdiyanto, Tim SAR juga menyiagakan tim medis dilokasi pantai. Tim SAR juga telah melakukan koordinasi dengan puskesmas dan dokter terdekat untuk memberikan pertolongan kepada wisatawan yang tersengat ubur-ubur.

“Alkohol dan amoniak juga telah disiapkan untuk memberikan pertolongan pertama kepada korban sengatan ubur-ubur jika sesak nafas dibawa ke puskesmas,” katanya.

Untuk menghindari korban sengatan ubur-ubur, pihaknya mengimbau kepada wisatawan untuk tidak berenang di pantai. saat ini baru musim ubur-ubur.

Di sepajang pantai Gunung Kidul berpotensi ada ubur-ubur. hanya satu pantai yakni Pantai Baron yang tidak ada ubur-uburnya karena ada air tawar di sekitar pantai.

[gil]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge