0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Bakdan, Nonton Sendratari Ramayana

foto: Heru

Sendratari Ramayana

Solo – Ribuan orang menjejali areal parkir Benteng Vastenburg Solo, Minggu (19/7) malam. Mereka menyaksikan pertunjukan Sendratari Ramayana dalam gelaran Bakdan ing Solo yang digagas oleh Dinas Pariwisata, Pemerintah Kota Solo.

“Program ini merupakan wujud nyata pemerintah Kota Solo dalam memberikan tontonan khususnya budaya Jawa, dalam konteks Sendratari kepada masyarakat, baik yang berasal dari Solo maupun luar Solo. Kami memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk turut mengapresiasi budaya selama mereka berada di Solo dalam rangka mudik Lebaran,” ungkap Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata setempat, Eny Tyasni Suzana.

Eny mengungkapkan, pagelaran ini akan dilangsungkan selama tiga hari berturut-turut, hingga hari Selasa (21/7). Pertunjukan ini seolah menjadi obat kangen bagi masyarakat pecinta Sendratari untuk bisa menyaksikan pertunjukan selama berada di Kota Bengawan.

Senada dengan Eny, Walikota Solo FX Hadi Rudyatmo mengatakan, pertunjukan ini adalah inovasi yang dilakukan pemerintah kota untuk menyambut warga yang akan berlibur dan berlebaran di kota Solo.

“Biasanya pemudik pulang ke Solo malah tidak ada pertunjukan yang khas Solo, karena itu kita adakan Sendratari ini. Selain untuk menyambut pemudik, juga untuk menggenjot sektor wisata yang kita miliki,” kata Rudy, sapaan Walikota.

Sendratari Ramayana ini sendiri mengambil kisah Anoman yang menjadi duta, dan menyusup ke Kerajaan Alengka untuk menemui Dewi Shinta. Namun aksi kera putih tersebut diketahui oleh Indrajit, sehingga terjadi perang besar yang menghanguskan kerajaan Alengka.

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge