0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Libur Lebaran, Candi Borobudur Diserbu Wisatawan

hari-ini-puncak-kunjungan-wisata-lebaran-di-candi-borobudur-magelang
()

Timlo.net — PT Taman Wisata Candi Borobudur (PT TWCB), Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, menyatakan Minggu (19/7) hari ini merupakan puncak kunjungan wisatawan Candi Borobudur Kabupaten Magelang. Sebab sampai siang ini pengunjung di monumen candi yang merupakan keajaiban dunia ini mencapai 30 ribu orang.

“Tingkat kunjungan mulai naik signifikan H+1 lebaran, jumlahnya hanya 7 ribu. Kemudian di hari kedua naik sebanyak 30 ribu pengunjung. Hari ini merupakan puncak kunjungan wisatawan di musim liburan Lebaran kali ini,” kata Kepala Unit PT TWCB Borobudur Magelang Chrisnamurti Adiningrum kepada merdeka.com di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Minggu (19/7).

Chrisnamurti berharap sampai sore nanti jumlah pengunjung candi terbesar di dunia ini bisa mencapai angka 50 ribu pengunjung atau wisatawan. “Diharapkan hingga sore nanti kunjungan mencapai 50 ribu pengunjung,” ujarnya menegaskan.

“Kita belum bisa lihat, target kita secara keseluruhan mulai tanggal 14 Juli sampai 26 Juli belum bisa diketahui. Target keseluruhan selama 12 hari tersebut untuk tahun ini sebanyak 332 ribu kunjungan wisatawan. Sementara tahun kemarin 2014 sebanyak 267.383 pengunjung,” tuturnya.

Dengan demikian, PT TWCB optimis jika target secara keseluruhan selama 12 hari akan tercapai dan mengalami kenaikan sebanyak 10 persen. “Naik 10 persen dari tahun kemarin. Kenaikan namanya target harus naik, setiap tahun harus ada kenaikan,” ujarnya.

Dari data yang diperoleh merdeka.com di kantor PT TWCB, tahun ini kunjungan wisatawan lebaran hari H lebaran sebanyak 7.642, H+1 30.980, H+2 atau hari ini diprediksi akan mencapai 50 ribu wisatawan yang berkunjung. Sementara untuk tahun 2014 hari H sebesar 8.715 wisatawan berkunjung, H+1 sebanyak 31.242 wisatawan dan H+2 sebanyak 49.366 wisatawan.

Pada kesempatan yang sama Kepala Unit PT TWCB itu juga menyampaikan permintaan maaf karena kondisi Pedagang Kaki Lima (PKL) di sekitar Taman Wisata Candi Borobudur masih bersifat lapak sementara akibat kebakaran beberapa bulan lalu. Sehingga, para pengunjung terpaksa harus berjalan kaki lebih jauh dari semula.

“Di kesempatan ini maaf karena ada kebakaran, jalur keluar pengunjung panjang dan akan segera bangun. Tahun ini semua masalah terselesaikan,” ujarnya menegaskan. [mtf]

Sumber: merdeka.com

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge