0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Hutan Lereng Merapi yang Terbakar Sudah Padam

dok.timlo.net
(dok.timlo.net)

Klaten – Kawasan hutan di wilayah Klaten berada dalam naungan Taman Nasional Gunung Merapi (TNGM) yang mengalami kebakaran pada Jumat (17/7), akhirnya padam.

“Kami menerima laporan bahwa api sudah padam pada pukul 06.30 WIB,” ucap petugas Pengendali Ekosistem Hutan TNGM, Arif Sulfiantono, Sabtu (18/7).

Dikatakannya, informasi itu dia peroleh dari pesan pendek (sms) ketua RT Desa Sangup, Kecamatan Musuk, Kabupaten Boyolali. Selain itu, dia menerima laporan serupa dari relawan basecamp Sapuangin, di Desa Tegalmulyo, Kecamatan Kemalang, Klaten.

“Semalam, (Jumat, 17/7), dari pantauan di basecamp Sapu Angin, kepulan asap sudah tidak terlihat. Namun demikian, kawasan yang terbakar belum dcek. Karena medannya sulit,butuh dua sampai tiga jam jalan kaki. Pekan depan baru kita cek lokasi,” imbuh Arif.

Seperti diketahui, Jumat (17/7), warga digegerkan dengan kepulan asap yang berasal dari hutan di sebelah selatan Pos II jalur pendakian via Deles. Belum diketahui pasti berapa hektar areal hutan yang terbakar.

Dalam pemberitaan Timlo.net sebelumnya, ada kesalahan penulisan pada jabatan Arif Sulfianto yang ditulis Kepala Resort Kemalang BTNGM. Menurut petugas Pengendali Ekosistem Hutan TNGM tersebut, diduga penyebab kebakaran hutan berasal dari balon udara, tradisi warga Boyolali saat syawal.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge