0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Ditemukan, 14 Bus Langgar Tarif Angkutan Lebaran

merdeka.com

Sidak Bus Mudik

Timlo.net — Lembaga Pembinaan dan Perlindungan Konsumen Semarang mencatat 14 bus kelas ekonomi yang singgah di Ibu Kota Jawa Tengah ini kedapatan melakukan pelanggaran tarif selama arus mudik Lebaran tahun ini. Pelanggaran tarif yang terjadi tahun ini disebut lebih tinggi dibanding temuan Lebaran tahun lalu.

“Kami pantau langsung bus AKDP dan AKAP kelas ekonomi dari arah barat yang masuk ke Semarang,” kata Ketua LP2K Semarang, Ngargono, Sabtu (18/7).

Menurut dia, terdapat pelanggaran tarif cukup parah yang dilakukan salah satu bus pada tahun ini. Misalnya, Bus Maju Makmur jurusan Cirebon-Solo kedapatan menaikkan tarif hingga 200 persen lebih.

“Ini dipergoki langsung oleh salah seorang petugas kami yang naik dari Pekalongan ke Semarang,” katanya.

Tarif penumpang yang naik dari Pekalongan menuju Semarang yang seharusnya hanya sekitar Rp 17.000, namun justru diminta membayar Rp 55.000 per orang.

Dia menduga pelanggaran tersebut sengaja dilakukan oleh awak bus mengingat sudah tidak adanya kebijakan tuslah Lebaran.

“Batas tarif sudah ditetapkan pemerintah sebesar Rp 168 per kilometer per orang. Tarif ini ditetapkan sepanjang tahun,” katanya.

Dengan demikian, lanjut dia, pengusaha perusahaan otobus seharusnya bisa menetapkan tarif maksimal sepanjang tahun.

Berbagai temuan atas pelanggaran tarif ini telah dilengkapi dengan berbagai bukti, kata dia, sebelum nantinya dilaporkan ke Direktorat Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan.

[idr]

Sumber : Merdeka.com

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge