0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Masalah Go-Jek Akan Diselesaikan Paska Lebaran

merdeka.com

Go-Jek

Timlo.net — Menteri Perhubugan Ignatius Jonan berjanji akan membuat aturan resmi soal keberadaan GO-JEK di Indonesia. Selama ini, GO-JEK tidak dilindungi aturan resmi karena pemerintah belum punya undang-undang untuk transportasi menggunakan aplikasi. Jonan berjanji akan membahas masalah ini usai Lebaran Idul Fitri.

“Setelah Idul Fitri duduk bareng bikin aturan supaya ada dasar hukumnya dan formal,” ujar Jonan di Jakarta, Sabtu (18/7).

Jonan mengakui, hidup di era globalisasi saat ini tidak bisa dipisahkan dari teknologi. Transportasi menggunakan aplikasi memang dibutuhkan di Indonesia.

“Uber taksi dan GO-JEK, prinsipnya begini kita tidak bisa menghindari perkembangan teknologi,” tuturnya.

Selain itu, lanjut Jonan, dia tidak melihat adanya kerugian negara karena pemanfaatan teknologi dalam moda transportasi, kendati belum punya payung hukumnya. “Nggak besar saya kira. Nggak ada kerugian negara,” pungkasnya.

Sebelumnya, Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) mendesak Kementerian Perhubungan (Kemenhub) untuk segera membuat aturan baru mengenai transportasi dengan inovasi aplikasi. Pasalnya, dalam Undang-undang lalu lintas tidak pernah mengatur adanya sistem aplikasi seperti yang marak saat ini.

Wakil Ketua Komisi V DPR RI, Yudi Widiana mengatakan saat ini transportasi nasional dipegang oleh swasta. Hampir 90 persen transportasi publik bukan dimiliki oleh pemerintah. Sehingga, DPR bakal melakukan revisi terhadap UU lalu lintas Nomor 22 tahun 2009 termasuk meminta Kemenhub membuat aturan mengenai sistem aplikasi untuk transportasi.

“Pemerintah gagal melahirkan transportasi yang aman dan nyaman. GO-JEK itu bukan transportasi publik. Namun, melihat kondisi sekarang ojek memang diperlukan. Jadi kita sedang mendesain undang-undang untuk semuanya (melegalkan GO-JEK),” ujar Yudi dalam diskusi di Jakarta, Rabu (1/7).

[idr]

Sumber : Merdeka.com

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge