0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Bertepatan Dengan Hari Raya, Jamaah Salat Jumat Lengang

foto: Eko Prasetyo

Salat jumat

Solo – Tidak biasanya jamaah salat Jumat kali ini di masjid-masjid seperti halnya salat Jumat yang telah berlalu. Jamaah sholat Jumat kali ini yang bertepatan dengan hari raya Idul Fitri begitu lengang. Bahkah sholat Jumat di Masjid Balai Muhammadiyah Solo yang biasanya dipadati jamaah, tetapi kali ini hanya ada sekitar tiga baris saja. Sebagian besar kosong.

Wakil Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah kota Solo, Subari mengatakan bahwa kelengangan jamaah salat Jumat yang bertepatan dengan hari Raya memang wajar.

“Karena salat Jumat yang bertepatan dengan hari Raya, memang tidak wajib,” jelas Subari kepada Timlo.net, di Balai Muhammadiyah Solo, Jumat (17/7).

Sesuai yang pernah dilakukan oleh Rasulullah SAW, kata Subari, Rasulullah pernah berkata bahwa apabila ada dua hari Raya dalam sehari maka boleh tidak mengerjakan. Hari Jumat adalah hari Raya, apabila hari Raya misalnya jatuh pada hari Jumat, maka pada hari Jumat itu ada dua hari Raya.

Sehingga apabila bertepatan hari Raya, kata Subari, wajar apabila orang tidak berdatangan ke masjid untuk menunaikan Salat Jumat.

“Suasana masjidpun lengang. Dan itu ada haditsnya,” jelasnya.

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge