0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Korbankan Waktu Demi Tugas, Petugas Dishub Cantik Ini Tak Mengeluh

foto: Daryono

Dikau Ayu Parameswari

Solo – “Musholanya sebelah mana?,” tanya salah seorang pengunjung Terminal Tirtonadi kepada seorang perempuan berseragam putih biru. Dengan ramah, perempuan itu kemudian menunjukkan arah mushola di Terminal Tirtonadi.

Dikau Ayu Parameswari, itulah nama perempuan itu. Ia merupakan salah seorang staf Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Terminal Tirtonadi.

Saat momen arus mudik, lebaran dan arus balik, Dikau mendapat tugas di bagian informasi terminal. Bagian ini memberikan segala informasi yang dibutuhkan penumpang, semisal jurusan bus, tiket dan sarana umum terminal.

Jika sebagian besar orang libur di hari lebaran, tidak demikian dengan Dikau. Perempuan 27 tahun ini tetap bertugas seperti biasa. Tahun ini juga menjadi tahun pertama ia tidak leluasa berlebaran karena harus bertugas.

“H-7 sampai H+7 tidak libur sama sekali. Tahun ini pengalaman pertama karena saya baru masuk di UPTD Januari lalu,” kata Dikau saat ditemui di sela tugasnya.

Dikau mendapat jatah shift masuk pukul 15.00 – 22.00 WIB. Dengan jatah masuk itu maka ia pun harus membagi waktu agar bisa tetap lebaran dengan keluarga. Kebetulan, Dikau juga tidak perlu ke luar kota untuk berlebaran lantaran keluarganya berada di Palur dan Kartasura.

“Paling saya sempatin berlebaran pagi, sebelum masuk shift kerja. Dulu waktu untuk lebaran memang lebih bebas. Sekarang, mau tidak mau masuk terus karena ini sudah menjadi tugas,” ujar istri Fifin Ari Efendi ini.

Ditanya apakah suami tidak protes, Dikau mengatakan keluarga sudah memahami akan tugasnya. Terlebih sebelum masuk di UPTD Terminal, suami sudah tahu jika tidak ada libur selama lebaran.

“Suami tidak protes. Saat awal masuk sudah dikasih tahu tidak ada libur lebaran. Anak juga sudah 2,5 tahun, jadi tidak perlu ASI lagi,” ujarnya.

Meski masuk setiap hari saat momen lebaran, Dikau mengaku senang menjalani tugasnya. Walapun selama dua minggu ini ia harus rela pulang malam lantaran shift kerjanya yang berakhir pukul 22.00 WIB.

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge