0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

H-2 Lebaran, Stok Darah PMI Klaten Menipis

Stok darah PMI (dok.timlo.net)
Klaten — Memasuki H-2 Lebaran, persedian kantong darah di Palang Merah Indonesia (PMI) Klaten mulai menipis. Namun demikian, lembaga kemanusiaan yang bermarkas di Jalan Veteran no 80, Klaten Utara itu menjamin stok darah tetap aman selama mudik dan arus balik Lebaran.
“Memang menipis. Tapi untuk RS Tegalyoso (RSUP Soeradji Tirtonegoro) dan RS Islam Ketandan, dipastikan aman karena sudah kita setorkan. Jadi kita melayani pencari darah perseorangan,” ujar Seksi Pencarian dan Pelestarian Donor Darah Sukarela (PPDDS) PMI Klaten, Saiman, Rabu (15/7).
Dikatakan, pada H plus Lebaran, minimal persediaan darah idealnya sebanyak 200 kantong. Sementara, stok darah hari ini disebutkannya, golongan A dan B masing-masing ada 50 kantong. Kemudian golongan darah O ada 18, sedangkan AB kosong.
“Untuk stok darah besok (Kamis, 16/7) tanda kutip masih tanda tanya. Tapi jangan khawatir. Karena setiap sore pasti banyak pendonor rutin yang datang,” katanya.
Berkaca dari tahun-tahun sebelumnya, menurut Saiman, justru setelah Lebaran banyak warga jatuh sakit. Khususnya para lansia yang disebabkan pola makan mereka tidak teratur.
“Logikanya, saat Lebaran mereka kumpul bersama keluarganya dan makan sepuasnya, tapi tidak melihat keadaan fisiknya. Sehingga orangtua yang rentan penyakit biasanya malah kembali masuk rumah sakit,”  imbuhnya
Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge