0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Tips Mempersiapkan Anak Masuk Sekolah Baru

Sekolah baru

Dok: Timlo.net/Friendsoforangecountydss.org

Sekolah baru

Timlo.net— Setelah libur Idul Fitri, anak-anak kita akan mulai masuk sekolah kembali. Beberapa anak mungkin masuk kelas baru, sementara anak lain masuk ke sekolah baru. Tentunya masa transisi ini tidak mudah baik untuk orang tua maupun anak-anak itu sendiri. Kita perlu mempersiapkan banyak hal mulai dari perlengkapan sekolah, dan uang untuk biaya sekolah. Sementara anak-anak kita juga perlu mempersiapkan diri menghadapi lingkungan baru, teman baru, guru baru. Lantas bagaimana cara menolong anak-anak siap untuk menghadapi hal ini?

Antisipasi dan hadapi kegelisahan anak

Masuk sekolah baru atau naik kelas, bisa membuat anak stres, jadi hadapilah masalah ini bahkan sebelum sekolah mulai, kata Renee Clausell, seorang psikolog anak di Long Island, New York, Amerika Serikat (AS). Bicarakan dengan anak tentang pengalaman dan kebiasaan baru ini. Jelaskan padanya hal-hal yang perlu dia ketahui tentang sekolah barunya.

Kendalikan kegelisahan Anda

Tidak hanya anak yang merasa stres dan gelisah, orang tua juga. “Jika Anda nervous tentang sekolah baru atau tahun ajaran baru, maka anak Anda akan lebih nervous,” kata Edward Christopherson, psikolog anak dari Kansas City, AS. Karena itu orang tua harus menunjukkan optimisme dan sikap positif. Buat kegiatan untuk menolong anak-anak Anda siap menghadapi kelas baru atau sekolah baru.

Permudah transisi jadwal kegiatan anak

Jika selama liburan, anak Anda terbiasa bermain di luar hingga sore,  tidur hingga larut malam dan bangun kesiangan maka sebelum masuk sekolah Anda bisa menolong mereka mengubah hal ini. Seminggu sebelum masuk sekolah, ubah jadwal kegiatan anak sehingga mereka tidur lebih awal dan bangun lebih pagi. Misalnya anak masuk pukul 7:00, maka bantu mereka berlatih untuk bangun pukul 6:00.

Sediakan waktu untuk anak

Sebelum anak masuk sekolah, siapkan waktu khusus untuk beraktivitas bersama dengan mereka. Alasannya adalah untuk menolong anak merasa lebih tenang karena tahu bahwa Anda siap mendukung mereka menghadapi pengalaman baru di sekolah atau kelas baru.

Sumber: PBS Parents.

Editor : Ranu Ario

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge