0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Sejumlah Sopir Bus Lebaran Tes Urine di Terminal Klaten

dok.timlo.net/aditya wijaya
(dok.timlo.net/aditya wijaya)

Klaten — Tim gabungan dari Provinsi Jawa Tengah (Jateng) dan Kabupaten Klaten menggelar pemeriksaan kesehatan pengemudi. Kegiatan surveilans faktor resiko kecelakaan dan cidera itu berlangsung di Terminal Buntalan, Klaten Tengah, Rabu (15/7).

“Pemeriksaan dilakukan oleh tim gabungan dari Dinas Kesehatan, Dinas Perhubungan, Polres Klaten dan Polda Jateng. Tujuannya untuk menjamin keselamatan penumpang selama menjalani mudik Lebaran,” kata Direktorat Narkoba Polda Jateng, Kompol Nyamin, Rabu (15/7).

Berdasarkan pengamatan Timlo.net, pemeriksaan kesehatan ini dimulai sekitar pukul 09.00 WIB. Satu per satu bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) yang masuk ke terminal tipe A itu diminta berhenti. Lantas, sopir hingga kernet bus langsung menuju pos pemeriksaan kesehatan yang sudah disiapkan.

“Mereka diminta tes urine untuk mengetahui apakah mereka mengonsumsi amphetamine atau Narkoba dan alkohol selama mengemudikan bus. Dan hingga saat, dari hasil pemeriksaan belum ada temuan,” imbuhnya.

Sementara itu, seorang sopir bus PO Arimbi, Harja (63) mengaku tidak takut adanya kegiatan itu. Pasalnya, di usianya yang senja, ia selalu menyempatkan diri untuk istirahat bila merasa lelah.

“Doping seperti Kratingdaeng atau Extra Joss saya hindari. Palingan rokok dan kopi, Mas. Lalu pas sampai terminal, saya sempatkan untuk pijit dan tidur agar tubuh kembali bugar,” ucapnya yang hendak melanjutkan perjalanan ke Tangerang ini.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge