0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pasangan Independen Sesali Tak Ada Pendampingan dari Tim Pemenangan

timlo.net/aditya

Ketua KPU Klaten (kanan) menerima hasil pleno verifikasi vaktual calon perseorangan

Klaten — Tim sukses pasangan calon perseorangan, Mustafid Fauzan dan Sri Harmanto, berjanji segera memenuhi syarat dukungan agar bisa maju Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) Klaten. Pasalnya, mereka kekurangan sekitar 40 ribu dukungan.

“20 Juli nanti akan kami serahkan sebanyak 50 ribu dukungan agar memenuhi syarat dukungan,” ujar salah seorang tim sukses, Setyo Nugroho, Selasa (14/7).

Menurutnya, kurang terpenuhinya syarat dukungan disebabkan tidak adanya pendampingan dari tim pemenangannya. Karena, Panitia Pemungutan Suara (PPS) melakukan verifikasi faktual dengan mendatangi langsung ke rumah masing-masing para pemberi dukungan.

“Kami tidak menyalahkan PPS atau KPU. Kami menyesalkan tidak adanya pendampingan dari Koordinator Kecamatan (Korcam) dan Koordinasi Desa (Kordes) saat verifikasi. Sehingga bila yang bersangkutan tidak ada di rumah, tim kami tidak bisa mencarikan,” ucapnya.

Menanggapi itu, Ketua KPU Klaten,  Siti Farida mengatakan, kemungkinan pemberi dukungan tidak berada di rumah bisa saja terjadi. Namun demikian, PPS datang tidak hanya sekali. Bila yang bersangkutan tidak ada di rumah, langkah selanjutnya PPS memberikan undangan untuk bertemu di kantor desa.

“Sesuai PKPU, mereka masih diberi kesempatan melengkapi syarat pencalonan sebanyak dua kali lipat dari jumlah kekurangan pada tanggal 4 hingga 7 Agustus nanti,” ucapnya.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge