0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Tahun Ini, Solo Tak Terima CPNS Jalur Umum

Walikota Solo FX Hadi Rudyatmo (timlo.net/heru)

Solo – Pemerintah Kota (Pemkot) Solo dimungkinkan tidak menggelar penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) jalur umum tahun ini. Hal itu sesuai dengan arahan Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN&RB).

“Rencana penerimaan CPNS yang semula direncanakan pada tahun 2015 ditunda pelaksanaannya sesuai arahan dari Menteri Pendayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi. Alokasi anggaran penerimaan CPNS hanya disiapkan untuk proses seleksi CPNS Daerah yang masuk kategori K-2,” kata Walikota Solo, FX Hadi Rudyatmo saat membacakan Pengantar Nota Keuangan Rancangan APBD 2015, Selasa (14/7) di gedung dewan.

Hingga saat ini, Rudy, sapaan FX Hadi Rudyatmo, mengaku belum menerima surat penundaan penyelenggaran CPNS dari Menteri PAN dan RB. Meski belum ada surat penundaan, Pemkot memutuskan tidak mengalokasikan anggaran penerimaan CPNS jalur umum dalam Rancangan APBD Perubahan 2015.

“Anggaranya sudah tidak dimasukkan. Tinggal 6 bulan tidak mungkin dilaksanakan,” ujarnya.

Menurut Rudy, penerimaan CPNS tahun ini lebih memproritaskan pengangkatan tenaga honorer K-2. Ia berharap tenaga horer K-2 yang berjumlah sekitar 522 orang bisa diangkat menjadi CPNS tanpa lewat tes.

“Harapan kita K-2 ini tidak ada perlu ada seleksi, langsung diluluskan begitu saja. Kalau tes ya kalah dengan yang baru. Mesakne wis ngabdi, 15 tahun, 25 tahun. Punya kewajiban sama, haknya dibedakan. Kewajiban mengajarnya sama, tetapi haknya dibedakan,” ungkapnya.

Rudy menambahkan, Pemkot Solo sebenarnya masih kekurangan 2.000 pegawai. Terutama untuk tenaga pendidikan dan kesehatan. Pemkot juga sudah mengusulkan penerimaan CPNS untuk memenuhi kebutuhan itu namun lagi-lagi belum mendapat persetujuan dari MenPAN dan RB.

“Tentunya tidak mungkin  Pemkot Solo sendiri, tentunya direalisaskan secara nasional. Termasuk kebutuhan guru ABK (anak berkebutuhan khusus) kita juga masih butuh,” jelasnya.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge