0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Para Pekerja di Hyperloop Dibayar Dengan Saham

Hyperloop

Dok: Timlo.net/Daily Mail.

Hyperloop

Timlo.net—Sistem Hyperloop yang diprakarsai oleh Elon Musk diperkirakan memerlukan biaya pembangunan hingga jutaan dollar per mil persegi. Tapi startup Hyperloop Transportation Technologies (HTT), yang berencana menguji teknologi ini, menemukan cara untuk menekan biaya. Mereka tidak membayar para pegawainya, termasuk CEO HTT Dirk Ahlborn.

Para pegawai bekerja paling tidak 10 jam per minggu selama waktu senggang mereka dengan tujuan memperoleh saham di HTT. Para karyawan ini sendiri masing-masing bekerja penuh waktu di tempat lain. Dengan model kerja ini, perusahaan itu memiliki tim yang beranggotakan 400 orang dan beberapa rekanan industri bekerja untuk Hyperloop.

Walaupun metode ini tidak konvensional, perusahaan itu mampu menarik orang-orang dengan bakat terbaik karena mereka bisa tetap bekerja di tempat lain sembari bekerja di HTT selama mereka sempat, kata Alhborn kepada BusinessInsider.com.

“Kami bekerja dengan siapa pun yang tertarik dan ingin bergabung dengan kami dan menerima bagian mereka dari perusahaan,” kata Ahlborn.

“Kami memiliki anggota tim yang luar biasa dengan latar belakang luar biasa mulai dari psikolog dan pengacara yang bekerja untuk Mars Rover dan tadinya menjadi bagian dari Manhattan Project..kami mungkin menjadi startup terbesar, tergantung dari bagaimana Anda mendefinisikan startup, di negara ini atau di dunia,” tambahnya.

Ahlborn mendirikan HTT pada 2013 lewat perusahaannya yang disebut JumpStartFund, sebuah platform kolaborasi umum yang mengizinkan HTT berbagi perkembangan mereka kepada masyarakat dan menarik investor potensial. Para pegawai masih bisa memakai platform ini untuk berbagi perkembangan mereka.

Ahlborn berkata model bisnis keadilan yang mereka adopsi akan terus dipakai, tapi saat perusahaan itu berkembang model ini juga akan dikembangkan. Awal tahun ini, HTT menyiapkan tanah seluas 5 mil di Quay Valley, California, Amerika Serikat (AS) untuk jalur landasan transportasi dan berencana mulai membangunnya pada 2016. Pada 2018, mereka berencana melakukan pembukaan untuk umum. Perusahaan itu memperkirakan landasan Hyperloop akan menghabiskan biaya $100 juta.

Hyperloop adalah metode transportasi yang dirumuskan bisa membawa orang dari lokasi jauh dengan kecepatan sekitar 1.200 km per jam. Konsep metode ini dibuat oleh Elon Musk pada 2013. Dengan teknologi Hyperloop, orang bisa menempuh jarak 610 km dari Los Angeles ke San Francisco dalam 30 menit.

Pada dasarnya Hyperloop memakai alat transportasi yang berwujud seperti tabung panjang. Tabung ini ditempatkan di atas tanah untuk melindunginya dari gempa bumi dan cuaca. Para penumpang bisa memakai tabung pribadi atau tabung kelompok, yang akan berjalan dengan cepat memakai magnet.

Tabung yang membawa enam hingga delapan orang akan berangkat setiap 30 detik dengan tiket berkisar antara $20 (Rp260 ribu) sekali jalan. Biaya untuk membangun jalur untuk Hyperloop dari LA ke San Francisco diperkirakan menghabiskan biaya sekitar $16 miliar. Tapi beberapa pihak mengatakan proyek ini menghabiskan biaya sekitar $100 miliar.

 

 

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge