0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Sidak ke Pasar, Petugas Sita Daging Tak Layak Konsumsi

dok.timlo.net/heru murdhani
(dok.timlo.net/heru murdhani)

Solo —¬†Dinas Pertanian Kota Solo menggelar inspeksi mendadak (Sidak) daging di seluruh pasar di Kota Bengawan. Sidak tersebut dilaksanakan pada dinihari, tepat saat daging-daging sapi mulai diedarkan dari jagal sapi ke pedagang.

Dalam Sidak tersebut, petugas menemukan sejumlah daging paru-paru yang mengalami penimbunan karbondioksida (Antracoxis). Antracoxis menyebabkan paru-paru sapi berwarna hitam, sehingga tidak layak dikonsumsi.

“Warna daging paru yang baik kan harusnya merah muda, tetapi ini warnanya kehitaman. Hal ini bisa disebabkan kesalahan saat penggembalaan, atau kesalahan pasa saat pengangkutan menggunakan truk,” ungkap salah seorang tim, drh Ardiet Firmansyah, Selasa (14/7).

Daging paru-paru seberat 2,5 kilogram tersebut disita oleh petugas, untuk dimusnahkan.

Sementara pedagang daging di kios Pasar Legi, Tuti, mengatakan, dirinya memang tak berniat menjual daging paru-paru sapi tersebut. Dia mengatakan dirinya mendapatkan daging itu dari jagal sapi di Boyolali.

“Memang sudah gak ingin dijual Mas, tapi belum sempat dikembalikan ke jagalnya, eh malah sudah disita petugas,” katanya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge