0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

256 Ijin Pembangkit Tenaga Mikro Hidro Mangkrak

merdeka.com

PLTA Ketenger Baturraden

Timlo.net — Data Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menyebutkan, saat ini ada 256 ijin pembangkit tenaga mikro hidro yang mangkrak. Pemerintah berkilah, mandeknya pengembangan Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) di dalam negeri tak lepas dari urusan permodalan. Di sisi lain, sektor perbankan yang diharapkan bisa berperan mendorong permodalan justru tak berminat.

“Kendala pengembangan PLTA dan pembangkit listrik tenaga mikro hidro (PLTMH) tersisa tiga masalah keekonomian, tidak ada bank mau minjemin karena tidak bagus, tidak ada pengembang, tidak menarik penghasilan pas-pasan,” ujar Direktur Jenderal EBTKE Kementerian ESDM Rida Mulyana di Hotel Aryaduta, Jakarta Pusat, Senin (13/7).

Persoalan lain justru datang dari banyaknya pengembang nakal yang kerap menyalahgunakan ijin pengembangan dari Pemerintah Daerah. Akibatnya, proyek tak kunjung jalan.

“Ijinnya diperdagangkan, berangkat dari situ diteruskan,” jelasnya.

Rida melanjutkan, ada persoalan lain yakni belum sejalannya persepsi antara pusat dan daerah dalam kerangka pengembangan PLTA.

“Kendala lain saya tidak menyalahkan sinergi pusat daerah belum terbangun kuat, semangat kita tinggi di pusat. Tapi banyak juga yang proaktif dan akomodatif,” ucapnya.

[noe]

Sumber : Merdeka.com

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge