0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pekan Ini, Pengganti Umar Ditetapkan, Nama Sugeng Beredar

Ilustrasi pilkada

Solo – Pekan ini, Koalisi Solo Bersama (KSB) menargetkan bisa menetapkan calon wakil walikota (Cawawali) pengganti Umar Hasyim. Beredar kabar, nama Ketua DPD PKS Solo Sugeng Riyanto bakal diusulkan sebagai Cawawali.

“Ada yang menyebut nama pak Sugeng. Itu memungkinkan sepanjang lewat usulan partai. Hal itu menjadi bagian yang akan dibahas dirapat KSB, Selasa (14/7) malam,” kata Sekretaris KSB, Supriyanto kepada wartawan.

Menurutnya, rapat KSB Selasa malam untuk mendengarkan usulan dan masukan masing-masing parpol terkait nama Cawawali. Setelah ada usulan, sehari setelahnya, KSB akan menetapkan sebagai kandidat Cawawali dan menggelar fit and proper test secara sederhana.

Sekretaris DPC Partai Demokrat ini melanjutkan, tidak menutup kemungkinan muncul nama baru baik dari internal maupun eksternal parpol. Namun, KSB akan lebih berhati-hati saat menetapkan kandidat Cawawali agar pengunduran diri di tengah jalan tidak terulang.

“Harapan kami minggu ini selesai. Senin setelah lebaran permohonan rekomendasi sudah dikirim ke Jakarta. Deadline 23 Juli sudah sudah direkomendasi DPP masing-masing partai,” beber dia.

Ketua KSB yang juga Ketua DPD PKS Solo, Sugeng Riyanto enggan berkomentar tentang beredarnya nama dirinya sebagai bakal calon wakil walikota. Sikap PKS baru diputuskan dalam rapat, Senin (13/7) malam.

“Mekanisme setiap parpol berhak mengusulkan baik kader parpol maupun eksternal dan juga Cawali Anung. Selasa malam, nama-nama itu akan dibahas,” ujar dia.

Sugeng menegaskan dua nama Cawawali dibawah Umar yakni M Fajri dan M Taufiq dipastikan tidak akan dipilih sebagai Cawawali.

“KSB sudah memutuskan dua nama itu tidak diusulkan. Secara moral belum tentu yang bersangkutan juga mau,” jelas dia.

Terpisah, Sekretaris DPD Partai Golkar Solo, Djaswadi menyatakan Golkar belum memutuskan siapa kandidat yang bakal diusulkan sebagai Cawawali di rapat KSB. Namun demikian, ia mengakui beredar nama kandidat Sugeng Riyanto.

Sruwing-sruwing (dengar-dengar – Red) Pak Sugeng. Tadi, Ketua (Atik Wahyuningsih-Red) saat saya telepon juga bilang nama Sugeng. Lha siapa lagi ? Kalau Golkar sebenarnya tinggal Cawalinya, maunya dengan siapa,” ungkap dia di sela buka bersama Fraksi Partai Golkar DPRD Solo, Senin (13/7).

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge