0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Subsidi Pupuk Harus Tepat Sasaran

dok.merdeka.com

ilustrasi

Timlo.net – Menteri Pertanian Amran Sulaiman meminta agar subsidi pupuk dan bantuan benih bisa diberikan tepat sasaran. Tahun ini pemerintah menggelontorkan Rp 39 Triliun untuk subsidi pupuk dan bantuan benih senilai Rp 939 Miliar.

“Kebutuhan pupuk subsidi tahun depan dengan penyempurnaan pola subsidi pupuk dengan sistem kartu subsidi,” ujar Menteri Amran, Senin (13/7).

Menurutnya, langkah ini sebagai bagian dari program Upaya Khusus (UPSUS) Swasembada pangan sekaligus meningkatkan kinerja produksi tahun 2015. Langkah lainnya, menetapkan pengendalian organisme pengganggu tumbuhan (OPT) dan dampak perubahan iklim untuk perlindungan tanaman perkebunan.

“Dengan meningkatkan produksi gula dan kakao, dan segera melakukan antisipasi kebakaran perkebunan di daerah rawan kebakaran,” jelas dia.

Menteri Amran juga meminta anak buahnya memperbaiki sistem informasi pertanian dari lapangan dan mempercepat delay data.
“Saya minta dibangun sistem data satu pintu dengan kualitas kontrol yang baik,” ungkapnya.

Namun, langkah-langkah itu tidak sepenuhnya menjamin terwujudnya swasembada pangan. Sebab, tantangan ke depan masih cukup berat.
Diakui Amran, kekeringan di beberapa daerah, hambatan distribusi komoditi dan situasi ekonomi dunia dan nasional yang belum kondusif membayangi ambisi pemerintah mewujudkan swasembada pangan.

[noe]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge