0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Dirjen Sidak ke Pos Kesehatan Stasiun Tirtonadi

Direktur Jenderal Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (Dirjen PP dan PL) Kementerian Kesehatan, Muhammad Subuh meninjau Pos Ksehatan di Terminal Tirtonadi Solo (dok.timlo.net/heru murdhani)

Solo – Direktur Jenderal Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (Dirjen PP dan PL) Kementerian Kesehatan, Muhammad Subuh meninjau arus mudik di Stasiun Balapan dan Terminal Tirtonadi Solo, Senin (13/7). Tinjauan ini dilakukan untuk melihat kesiapan pos kesehatan di kedua titik tersebut.

“Ini adalah kegiatan rutin yang kita lakukan. Bedanya tahun-tahun yang lalu kita lakukan H-7 hingga H+7, tapi tahun ini kita lakukan H-14 hingga H+9,” ungkapnya, saat dijumpai sejumlah wartawan di Terminal Tirtonadi.

Diungkapkan Subuh, kegiatan ini dilakukan dengan koordinasi dari berbagai bidang. Misalnya dari kepolisian bertanggung jawab tentang keamanan dan pengamanan. Dari Dinas Perhubungan untuk standarisasi kendaraan dan kelancaran arus mudik. Dinas Kesehatan memantau kondisi kesehatan penumpang maupun supir yang melakukan aktivitas mudik.

Subuh mengatakan, selain menyiapkan 900 posko kesehatan di seluruh Indonesia, dirinya juga melakukan pemeriksaan terhadap makanan yang dijual pedagang makanan yang ada di sekitar pos kesehatan. Hal ini dilakukan sebagai tindakan antisipasi beredarnya makanan-makanan yang bisa mengganggu kesehatan.

Dalam Sdak kali ini, Subuh juga melakukan pemeriksaan terhadap sejumlah awak bus. Pemeriksaan yang dilakukan di Pos Kesehatan ini mendapatkan sopir yang memiliki tekanan darah tinggi.

“Kebanyakan memang tekanan darahnya tinggi, kami sarankan untuk tidak melakukan perjalanan jauh dulu dan beristirahat. Posko kesehatan juga menyediakan obat-obatan bagi kru angkutan maupun penumpang, jadi jangan malu-malu, kalau memang sakit bisa langsung ke Pos,” katanya.

Selanjutnya Dirjen akan melanjutkan tinjauan ke beberapa lokasi di jalur mudik di Jawa Tengah.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge